Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penerapan Ganjil Genap Saat Mudik Lebaran Masih Dipertimbangkan

6 April 2023, 23:26 WIB

Kementerian Perhubungan diketahui telah menyiapkan beberapa opsi rekayasa lalu lintas pada ruas tol Cikopo-Palimanan guna memperlancar arus kendaraan selama periode mudik Lebaran Tahun 2023. Dalam rapat bersama Komisi V DPR RI. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, meski pihaknya telah membahas potensi pemberlakuan kebijakan ganjil-genap di ruas tol Cipali. Namun, hal tersebut masih harus menunggu kajian serta evaluasi dari kementeriannya beserta pihak-pihak terkait lainnya seperti Korlantas Polri, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, dan lainnya.

Selain itu, Budi juga menjelaskan, ruas tol Cipali akan menjadi pusat kepadatan atau penumpukan kendaraan. Hal tersebut mengingat keterbatasan jumlah jalur pada tol Cipali yang hanya terdiri dari 2 jalur. Selain itu juga ditambah dengan potensi kenaikan jumlah pemudik pada masa angkutan Lebaran 2023.

Lebih jauh Budi Karya juga mengatakan. Akan ada sebanyak 123,8 juta orang yang bakal melakukan mudik pada tahun ini, jumlah tersebut naik 44,79 persen jika dibandingkan masa mudik Lebaran 2022 yang hanya sebanyak 85,5 juta orang.

Adapun dari jumlah tersebut, sebanyak 27,32 juta di antaranya akan menggunakan mobil pribadi, dan sebanyak 22,77 juta pemudik bakal menggunakan bus serta 9,53 juta orang sisanya akan menggunakan mobil sewa. Oleh karena itu, seiring dengan hal tersebut, Kemenhub telah menetapkan pemberlakuan sistem one way dan contraflow pada ruas tol Cipali selama masa angkutan Lebaran. Selain itu, pihaknya juga akan menambah area peristirahatan dan jumlah petugas lapangan yang bersiaga pada tol tersebut.

Jika anda menyukai video seperti ini bisa tonton video :

- Diskon Subsidi PPN 10 Persen, Harga Air ev Turun Rp 29 Juta : https://youtu.be/u4_DyvhV4DE

- Sudah Mulai Ramai Angkut Motor Gratis di Stasiun Kereta Jakarta Gudang : https://youtu.be/VcA2j4YQwqM

- Daftar Harga Mobil Listrik Usai Dapat Diskon PPN 10 Persen : https://youtu.be/43HGGGrwy9Y

Kompas.com
PT. Kompas Cyber Media
Gedung Kompas Gramedia, Unit II Lt 5
Jl. Palmerah Selatan No 22-28
Jakarta 10270, Indonesia

You can visit our official website: https://otomotif.kompas.com/
Follow our social media:
Facebook: https://www.facebook.com/Otomotif.Kompascom/
Instagram: https://www.instagram.com/kompas.otomotif/
Tiktok : https://www.tiktok.com/@otomotifkompas?

Penulis : Aprida Mega Nanda
Editor : Agung Kurniawan
Narator : Claudia Larasvaty
Penulis Naskah : Carolus Dori Krisnadi
Video Editor : Carolus Dori Krisnadi
Produser : Sendy Darlis

#News #Otomotif #NewsOtomotif #OtomotifKompas #KompasOtomotif #OtomotifNasional #IndustriOtomotif #JalurMudikSelatan #JalurMudikUtara #OperasiKetupat #Pantura #Pansela #ArusMudik2023 #OperasiKetupat2023 #ArusMudikLebaran #RaziaPolisi #Polisi #AutoNews #Kompascom

Video Terkait
Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke