Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bawaslu Ungkap Politisi PDI-P Bagikan Amplop Berlogo Partai di 5 Masjid

6 April 2023, 17:22 WIB

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mengungkapkan bahwa peristiwa bagi-bagi amplop berlogo PDI-P yang dilakukan usai shalat tarawih di Sumenep, Madura, Jawa Timur, tidak hanya terjadi di satu masjid.

Ketua Bawaslu Rahmat Bagja mengatakan, berdasarkan penelusuran pihaknya terdapat lima masjid yang menerima zakat dari kader partai tersebut.

Lima masjid itu yakni, Masjid Abdullah Syehan Beghraf, Masjid Naqsabandi, Masjid Laju, Mushala Abdullah, dan Masjid Fatimah Binti Said Ghauzan.

Adapun uang Rp 300.000 per amplop itu diberikan dari anggota DPR RI fraksi PDI-P Said Abdullah, melalui lembaga Said Abdullah Institute yang diserahkan ke pengasuh pondok pesantren atau takmir masjid.

Mereka yang kemudian membagi-bagi amplop berwarna merah, berlogo PDI-P, dan memuat wajah Said dan Ketua DPD PDI-P Kabupaten Sumenep Achmad Fauzi itu ke jemaah.

Meski demikian, Bawaslu mengeklaim tidak ada ajakan memilih dalam peristiwa bagi-bagi amplop itu. Hal tersebut disampaikan Bagja saat konferensi pers di Kantor Bawaslu, Jakarta, Kamis (6/4/2023).

Simak selengkapnya dalam video berikut ini.

Video Jurnalis: Claudia Aviolola

Video Editor: Claudia Aviolola

Produser: Rakhmat Nur Hakim

Musik: El Secreto-Yung Logos

#PDIP #Bawaslu #JernihkanHarapan


Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke