Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PDI-P Klaim Tak Ada Instruksi Megawati untuk Tolak Timnas Israel

6 April 2023, 14:41 WIB

Sekretaris Jenderal PDI-P Hasto Kristiyanto mengeklaim bahwa Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri tidak memberikan instruksi kepada kader-kadernya untuk menolak partisipasi Israel pada Piala Dunia U-20.

Ia menegaskan bahwa sikap penolakan atas partisipasi Israel pada Piala Dunia U-20 sudah disampaikan sejak lama kepada pemerintah lewat serangkaian lobi-lobi tanpa diketahui publik.

Hal itu diungkap Hasto dalam program GASPOL di Youtube Kompas.com, Kamis (5/4/2023).

Lebih lanjut, ia menuturkan bahwa surat Gubernur Bali I Wayan Koster pada Maret 2023 terkait penolakan kehadiran timnas Israel di Pulau Dewata juga bersifat tertutup.

Namun, Koster akhirnya menjadi sasaran kemarahan warganet karena dituding menjadi penyebab lahirnya keputusan FIFA soal pembatalan Piala Dunia U20 di Indonesia.

Menurut Hasto, serangan yang diarahkan Koster itu membuat banyak kader PDI-P ikut angkat bicara mengenai penolakan terhadap Israel, termasuk Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Hasto mengeklaim, sikap kader PDI-P yang menolak kehadiran Israel itu bukanlah instruksi partai.

Sebelumnya, Majalah Tempo melaporkan bahwa penolakan kader PDI-P atas keikutsertaan Israel di Piala Dunia U-20 merupakan instruksi dari Megawati.

Megawati disebut menilai kehadiran Israel tidak sejalan dengan semangat ayahnya, Soekarno yang juga tidak mengundang Israel dalam Konferensi Asia-Afrika pada April 1955 karena menjajah Palestina.

Simak Video Selengkapnya

Video Editor: Almira Khairunnisa

Produser: Adisty Safitri

Musik: Forget Me Not - Patrick Patrikios

#PDIP #Megawati #PialaDuniaU20 #QuoteHighlight #JernihkanHarapan

Video Terkait
Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke