Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Kasus Kebakaran Fasilitas Pertamina dalam 4 Tahun, Ada yang Berulang

3 April 2023, 17:10 WIB

Penanganan Depo Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Pertamina Plumpang, Jakarta Utara, akibat terbakar pada awal Maret 2023 belum sepenuhnya tuntas, namun kilang minyak Pertamina Dumai, di Pekanbaru, Riau meledak dan terbakar pada Sabtu (1/4/2023).

Sebelum insiden terbakarnya kilang minyak Dumai, perusahaan migas pelat merah ini juga mengalami serangkaian ledakan maupun kebakaran di fasilitas miliknya.

Dimulai dari tahun 2019, terjadi ledakan pipa minyak yang dikelola cucu usaha Pertamina, PT Pertamina Hulu Energi (PHE)-ONWJ di Laut Jawa.

Kemudian pada 22 Oktober 2019 terjadi ledakan pipa minyak di Cimahi akibat pembangunan jalur proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB).

Selanjutnya di tahun 2021, terjadi tiga insiden. Pada bulan Maret terjadi kebakaran di kilang minyak PT Pertamina RU VI Balongan, Indramayu, Jawa Barat. Kemudian pada bulan Juni dan November 2021, kebakaran melanda kilang Pertamina di Cilacap

Pada tahun 2022, kilang minyak Pertamina, Balikpapan, Kalimantan Timur mengalami kebakaran sebanyak dua kali. Yakni pada 4 Maret dan 15 Mei 2022. Dilaporkan satu pekerja tewas akibat insiden kebakaran itu.

Insiden serupa kembali melanda sejumlah fasilitas Perta pada tahun berikutnya. Pada 3 Maret 2023 misalnya, Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara, terbakar. Ada 17 orang yang tewas dalam insiden ini. Kemudian kapal pengangkut bahan bakar minyak (BBM) milik Pertamina juga mengalami kebakaran di perairan Mataram, Nusa Tenggara Barat pada 26 Maret 2023.

Simak selengkapnya dalam video berikut.

Penulis: Muhammad Idris, Ahmad Naufal Dzulfaroh

Penulis Naskah: Rizkia Shindy

Narator: Timothy Afryano

Video Editor: Dina Rahmawati

Produser: Adesari Aviningtyas

Music: Don’t Look Inside, Creep - Emmit Fenn, The Tension - silverhoof, King’s Men

#KilangPertaminaDumai #KebakaranKilangPertamina #Pertamina #OhBegitu #JernihkanHarapan #SpesialKompascom

Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke