Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusia Tolak Mentah-mentah dan Tak Akui Perintah Penangkapan Putin

18 Maret 2023, 17:10 WIB

Rusia merespons keras surat perintah penangkapan untuk Presiden Rusia Vladimir Putin yang dikeluarkan Pengadilan Kriminal Internasional (ICC). Rusia menyatakan keputusan ICC yang mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadap Putin secara hukum batal. Rusia tidak mengakui yurisdiksi pengadilan yang berbasis di Den Haag itu.

"Rusia, seperti sejumlah negara lain, tidak mengakui yurisdiksi pengadilan ini dan dari sudut pandang hukum, keputusan pengadilan ini batal," kata juru bicara Rusia Dmitry Peskov kepada wartawan, dikutip AFP.

Adapun Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova mengatakan, keputusan ICC tidak ada artinya bagi Rusia.

"Rusia bukan pihak Statuta Roma Pengadilan Kriminal Internasional dan tidak memiliki kewajiban di bawahnya," katanya di Telegram.

Sementara itu, Ukraina menyambut baik pengumuman ICC. Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky memuji perintah penangkapan itu sebagai keputusan bersejarah. Menurut Ukraina, lebih dari 16.000 anak Ukraina telah dideportasi ke Rusia sejak invasi pada 24 Februari 2022. Banyak anak-anak diduga ditempatkan di institusi dan panti asuhan di sana.

Simak selengkapnya dalam video berikut.

Penulis: Irawan Sapto Adhi

Penulis Naskah: Rizkia Shindy

Narator: Rizkia Shindy

Video Editor: Claudia Aviolola

Produser: Rakhmat Nur Hakim

Music: Landing-Godmode

 #Putin #VladimirPutin #PenangkapanPutin #JernihkanHarapan

Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke