Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Jadinya saat Bapak-bapak Ikut Lomba Memarut Kelapa

15 Maret 2023, 21:30 WIB

SELUMA, KOMPAS.TV – Begini jadinya saat bapak-bapak ikut lomba memarut kelapa.

Memarut kelapa dengan cara tradisional merupakan kearifan lokal Indonesia. Salah satunya di Provinsi Bengkulu, ada tradisi mengukur kelapa tiap ada hajatan.

Uniknya, memarut kelapa dengan cara tradisional ini dilakukan oleh kaum pria.

Pemerintah daerah setempat menggelar lomba memarut kelapa dengan cara tradisional, yang tujuannya untuk menjaga tradisi dari kepunahan.

Lomba mengukur kelapa ini diikuti oleh pegawai pria di lingkungan pemerintah daerah setempat. Acara ini penuh antusias karena baru pertama kali dilakukan.

Peserta diwajibkan membawa alat kukur sendiri dan kelapa yang belum dikupas.  Setiap peserta wajib mengupas kelapa dan mengukur kelapa.

Yang dinilai selain kecepatan adalah hasil dari parutan kelapa peserta lomba, menurut Bupati Seluma, Provinsi Bengkulu, Erwin Octavian,  acara ini diadakan untuk membangkitkan tradisi lama, sebab tradisi ini adalah budaya nenek moyang.

Yakni setiap ada hajatan kaum pria yang memarut kelapa, sedangkan ibu-ibu bertugas memasak.

Rencananya lomba ini akan rutin diadakan untuk daya tarik wisatawan.

Baca Juga Setelah Lama Vakum Akhirnya Bisa Melihat Meriahnya Festival Meriam Karbit di Pontianak di https://www.kompas.tv/article/386680/setelah-lama-vakum-akhirnya-bisa-melihat-meriahnya-festival-meriam-karbit-di-pontianak

Editor Video & Grafis: Dimas WPS

Artikel ini bisa dilihat di : https://www.kompas.tv/article/388292/begini-jadinya-saat-bapak-bapak-ikut-lomba-memarut-kelapa
Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke