Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keistimewaan C-130J Super Hercules Andalan TNI AU

11 Maret 2023, 10:03 WIB

Pesawat C-130J Super Hercules yang dipesan TNI AU telah mendarat di Landasan Udara atau Lanud Halim Perdanakusuma pada Senin (6/3/2023).

Menurut Kepala Subdit Penerangan Umum TNI AU, Kolonel TNI Sonaji Wibowo mengatakan pesawat C-130 tipe J Super Hercules dilengkapi sistem avionik canggih dan terdigitalisasi, serta daya tampung seberat 20 ton.

Sonaji menyampaikan pendaratan pesawat Hercules di Halim hari ini merupakan pesawat yang pertama dari 5 unit yang dipesan oleh Kemenhan RI dari Amerika Serikat untuk TNI AU.

Dilansir dari siaran pers Dinas Penerangan TNI AU, pesawat C-130J-30 Super Hercules memiliki flight station yang lebih canggih dan sistem avionik digital terintegrasi penuh. Pesawat mampu membawa kargo 20 ton.

Ruang pesawat yang besar bisa membawa delapan palet atau 97 tandu, 128 pasukan tempur, serta 92 pasukan terjun payung. Pesawat juga dibekali dengan sejumlah fitur, di antaranya aspek peningkatan perlindungan bahan bakar, serta sistem penanganan kargo yang ditingkatkan. Tak hanya itu, C-130J juga memiliki jarak terbang yang lebih jauh dibanding C-130B Hercules A-1312.

Simak selengkapnya dalam video berikut.

Video Jurnalis: DEW

Penulis: Nirmala Maulana Achmad, Ardito Ramadhan

Penulis Naskah: Rizkia Shindy

Narator: Putri Aulia

Video Editor: Dimitri Quiny

Produser: Adesari Aviningtyas

Music: Mist - Odonis Odonis

#PesawatHercules #TNIAU #SuperHercules #OhBegitu #JernihkanHarapan #SpesialKompascom

Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke