Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viktor Laiskodat, Gubernur NTT yang Wajibkan Siswa SMA Masuk Jam 5 Pagi

7 Maret 2023, 17:49 WIB

Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Laiskodat belakangan ini menjadi perbincangan hangat publik di media sosial. Bukan tanpa alasan, karena ia mengeluarkan kebijakan yang mengharuskan siswa di NTT untuk masuk sekolah pukul 05.00 WITA.

Kebijakan ini berlaku untuk semua pelajar di beberapa Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Viktor Laiskodat memiliki alasan tersendiri dengan aturan itu, ia berdalih bahwa penerapan sekolah pagi buta untuk membentuk etos kerja siswa.

Kebijakan yang dibuat Laiskodat ini memancing pro dan kontra di tengah masyarakat. Lantas, seperti apa sosok Gubernur Nusa Tenggara Timur itu?

Pemilik nama lengkap Viktor Bungtilu Laiskodat ini adalah seorang pria kelahiran 17 Februari 1965. Viktor merupakan putra daerah Kupang, NTT. Ia menghabiskan pendidikan dasar hingga SMA di Kupang, sebelum akhirnya melanjutkan studi di Sekolah Tinggi Hukum Indonesia (STHI) Jakarta. Selanjutnya, Viktor meneruskan studi jenjang magister dan doktoral di Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga.

Karier politiknya dimulai pada 2003 kala ia mencalonkan diri sebagai gubernur NTT untuk periode 2003-2008. Saat itu, ia berstatus sebagai pengusaha sukses di Jakarta dengan usia tergolong muda, yakni 38 tahun.

Simak selengkapnya dalam video berikut.

Video Jurnalis: Kontributor Kupang, Sigiranus Marutho Bere

Penulis: Kontributor Kupang, Sigiranus Marutho Bere | Ahmad Naufal Dzulfaroh

Penulis Naskah: Rizkia Shindy

Narator: Putri Aulia

Video Editor: Dina Rahmawati

Produser: Adesari Aviningtyas

Music: Rich in the 80s - DivKid, Frequency

#ViktorLaiskodat #NTT #SekolahNTT #OhBegitu #JernihkanHarapan #SpesialKompascom

Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke