Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kontroversi Kebijakan Masuk Sekolah Jam 5 Pagi di NTT

2 Maret 2023, 17:42 WIB

Aturan masuk sekolah jam lima pagi di Nusa Tenggara Timur (NTT) menjadi perbicangan usai video viral di media sosial. Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat meminta agar kegiatan sekolah bagi siswa SMA dan SMK di Kupang, NTT dimulai sejak pukul 05.00 WITA.

"Ini khusus SMA kalau SMP tidak," kata Viktor di hadapan para Kepala Sekolah SMA dan SMK se Kota Kupang, dikutip dari Kompas.com (27/2/2023).

Ia mengatakan, hal ini untuk membangun etos kerja dan agar tak ada tambahan rombongan belajar. "Perubahan itu memang sakit. Tapi harus dimulai, sehingga tidak ada yg persoalkan rombongan belajar terbatas," kata Viktor.

Kebijakan ini sudah dijalankan di SMA dan SMK di NTT. Namun seiring perjalanannya, kebijakan ini menuai polemik. Anggota DPRD Nusa Tenggara Timur (NTT) Yohanes Rumat misalnya. Rumat menilai, selain belum ada rujukan aturan yang jelas, kebijakan tersebut menimbulkan kegaduhan di tengah masyarakat.

Sementara itu, dokter sekaligus praktisi kesehatan tidur dan konsultan utama Snoring & Sleep Disorder Clinic RS Mitra Kemayoran Andreas Prasadja mengatakan, siswa SMA di NTT yang harus masuk pukul 05.00 akan berdampak pada penurunan kualitas siswa. Dengan jam masuk yang begitu pagi, ia menyebut jam tidur anak akan semakin berkurang. Padahal, tidur yang cukup adalah faktor yang dapat menjamin kualitas tubuh manusia.

Simak selengkapnya dalam video berikut.

Video Jurnalis: Kontributor Kupang Sigiranus Marutho Bere

Penulis: Kontributor Kupang, Sigiranus Marutho Bere | Kontributor Maumere, Serafinus Sandi Hayon Jehadu | Erwina Rachmi Puspapertiwi | Ahmad Naufal Dzulfaroh

Penulis Naskah: Rizkia Shindy

Narator: Putri Aulia

Video Editor: Dina Rahmawati

Produser: Adesari Aviningtyas

Music: Bright Skies, Love Now, Rich in the 80s - DivKid, Mirror Mind - Bobby Richards

#Sekolah #NTT #GubernurNTT #SekolahJam5Pagi #OhBegitu #JernihkanHarapan #SpesialKompascom

Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke