Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Praktis Dibuat, Ini 7 Minuman untuk Obati Asam Urat

1 Maret 2023, 15:55 WIB

Asam urat adalah salah satu jenis radang sendi yang terjadi akibat penumpukan kristal asam urat. Kondisi ini dapat terjadi pada sendi mana pun, seperti di jari kaki, pergelangan kaki, lutut, dan paling sering di jempol kaki.

Pada kondisi normal, asam urat larut dalam darah dan dikeluarkan melalui urine. Akan tetapi pada kondisi tertentu, asam urat dapat menumpuk akibat tubuh menghasilkan asam urat dalam jumlah yang berlebihan atau mengalami gangguan dalam membuang kelebihan asam urat.

Timbulnya peradangan inilah yang akan memicu rasa nyeri dan bengkak pada sendi, biasanya pada jempol kaki yang disebut podagra. Asam urat juga dapat menimbulkan nyeri di pergelangan kaki, tumit, lutut, pergelangan tangan, jari-jari tangan, siku, dan pada sendi besar lainnya walaupun lebih jarang. Selain pada persendian, kristal asam urat juga dapat terbentuk pada ginjal hingga membentuk batu ginjal.

Penyakit ini dapat berkembang semakin parah bila penderita tidak teratur minum obat dan mendapatkan perawatan medis yang tepat. Bahkan komplikasi juga kerap mengintai penderitanya. Lantas, bagaimanakah penanganan penyakit asam urat ini?

Simak selengkapnya dalam video berikut.

Penulis: Yefta Christopherus Asia Sanjaya

Penulis Naskah: Rizkia Shindy

Narator: Putri Aulia

Video Editor: Dina Rahmawati

Produser: Adesari Aviningtyas

Music:Miniscule Planet, Galaxia, The Health - viktor SE

#AsamUrat #OhBegitu #JernihkanHarapan #SpesialKompascom

Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke