Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

NR #43: Tarakan, Smart City, Kekayaan Alam, dan Sejarah dari Ujung Utara Kalimantan

1 Maret 2023, 08:59 WIB

Salam Nusaraya! Semangat Bhinneka Indonesia Raya!


Tarakan merupakan kota terbesar dan satu - satunya yang terletak di ujung Provinsi Kalimantan Utara. Letaknya yang strategis membuatnya berperan sebagai kota satelit dari ibu kota provinsi Kalimantan Utara, sekaligus gerbang utama Pulau Borneo yang menghubungkan Indonesia dengan Malaysia dan Philipina. 


Produk terbesar dari Tarakan yang mendominasi untuk diekspor ke luar negeri berasal dari sektor perikanan dan kelautan, terutama ikan dan udang. Sektor ini bahkan menggeser minyak dan gas sebagai produk yang berkontribusi pada pendapatan daerah. Tak hanya sumber daya alam, Tarakan juga berupaya membangun sumber daya manusianya melalui konsep Smart City yang mengacu kepada enam indikator: smart living, smart governance, smart economy, smart mobility, smart environment, dan juga smart people. Tarakan juga memiliki wisata berupa situs peninggalan sejarah Perang Dunia II, dimana wilayah tersebut menjadi pintu masuk pada masa pendudukan Jepang ke Indonesia kala itu. 


Bagaimana Kota Tarakan mengelola potensi - potensi tersebut? Simak obrolan lengkapnya bersama Wali Kota Tarakan, Dr. H. Khairul, M. Kes., hanya di Nusaraya.


#nusaraya #walikotatarakan #kotatarakan #khairul #kcm #jernihmelihatdunia

Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke