Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perjalanan Satu Tahun Perang Rusia ke Ukraina, Kapan Perang Akan Berakhir?

24 Februari 2023, 06:48 WIB

Tepat satu tahun Rusia memulai serangannya ke wilayah Ukraina pada 24 Februari 2022. Saat itu, Presiden Rusia Vladimir Putin mengumumkan operasi militer khususnya.

Korban jiwa terus berjatuhan, baik dari militer maupun warga sipil. Tak hanya itu, bangunan-bangunan hingga kendaraan tempur turut hancur dalam serangan itu.

Melihat hal itu, sejumlah negara langsung menjatuhkan sanksi kepada Rusia. Hal ini bertujuan untuk melemahkan Rusia dalam perangnya di Ukraina.

Namun, sanksi-sanksi Barat tak lantas membuat Rusia gentar. Moskwa terus melancarkan sejumlah serangan ke wilayah Ukraina hingga Jumat (24/2/2023).

Ukraina yang semakin kewalahan lantas meminta pertolongan dari negara-negara Barat. Mulai dari Amerika Serikat, Inggris, Turki, Jerman, dan Polandia memutuskan untuk mengirimkan bantuan untuk Kyiv.

Kini pertempuran antara Rusia dan Ukraina sudah genap berusia satu tahun. Lantas, sampai kapan perang ini akan berjalan? Pengamat Militer Connie Rahakundini Bakrie turut memberikan pandangannya terkait konflik Rusia-Ukraina.

Simak selengkapnya dalam video berikut.

Penulis Naskah: Timothy Afryano

Host: Timothy Afryano

Videografer: Michaela Winda Saputra

Video Editor: Alfiyan Oktora Atmajaya

Produser: Rose Komala Dewi

Musik: Follow That Car - Global Genius

#JernihkanHarapan #Rusia #Ukraina

Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke