Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jejak Kelompok Wagner dalam Polemik Tentara Bayaran Rusia, Siapa Mereka?

15 Februari 2023, 16:21 WIB

Belakangan ini, ramai pemberitaan bahwa tentara bayaran Rusia, kelompok Wagner mengeklaim telah merebut desa di dekat Bakhmut, Ukraina. Menurut penuturan pimpinan Wagner, Yevgeny Prigozhin, pada Minggu (12/2/2023), pasukannya telah menguasai desa yang berjarak beberapa kilometer dari Bakhmut, wilayah yang berusaha direbut Rusia pada beberapa bulan terakhir.

Namun begitu, Prigozhin sama sekali tak menyinggung pasukan Rusia dalam klaimnya itu. Alhasil pengumuman Wagner terkait penaklukannya di Soledar sempat memicu ketegangan antara mereka dan Kementerian Pertahanan (Kemenhan) Rusia.

Lembaga think tank Amerika Serikat, Institut Studi Perang (Institute for The Study of War/ISW), menyebut Kemenhan Rusia tak mengakui peran Wagner dalam perang Ukraina. Sementara Prigozhin tak mengakui angkatan bersenjata Rusia sebagai kekuatan di zona perang.

Sebagai salah satu dari beberapa kelompok tentara bayaran Rusia, kelompok Wagner ini memiliki sejarah yang cukup panjang dengan Rusia. Invasi Rusia ke Ukraina bukanlah momen pertama keterlibatan mereka bersama Rusia. Bahkan peran kelompok Wagner dapat ditelisik hingga sebelum aneksasi Rusia atas Krimea pada tahun 2014.

Simak selengkapnya dalam video berikut.

Penulis: Bernadette Aderi Puspaningrum, Danur Lambang Pristiandaru

Penulis Naskah: Rizkia Shindy

Narator: Timothy Afryano

Video Editor: Dina Rahmawati

Produser: Adesari Aviningtyas

Music:Savior Search - DJ Freedem, War Documentary - DEODO

#RusiaUkraina #Russia #WagnerGroup #OhBegitu #JernihkanHarapan #SpesialKompascom

Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke