Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Respons DPR soal KKB Sandera Pilot Susi Air dengan Tuntutan Kemerdekaan

15 Februari 2023, 15:16 WIB

Anggota Komisi I DPR TB Hasanudin menyikapi tuntutan KKB dalam video dan foto yang menunjukkan penyanderaan pilot Susi Air Philips Mark Methrtens.


TB mengatakan pemerintah melalui Polda Papua akan mengupayakan negosiasi dengan pihak yang mengatasnamakan juru bicara negara Papua merdeka itu terlebih dahulu. 


“Sekarang tim dari polda saya dapat informasi, akan mencoba melakukan negosiasi. Sementara menurut pengumuman yang mengatasnamakan juru bicara negara papua merdeka itu mengatakan kami akan menegosiasikannya dengan kemerdekaan. Sikap kami NKRI harga mati,” ujar TB di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (15/2/2023).


Sejalan dengan itu, menurut Anggota Komisi I DPR Dave Laksono, perlu adanya penanganan yang tepat tanpa ada yang harus dikorbankan.


Diketahui, Panglima Kodam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa membenarkan bahwa Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) telah menyebarkan foto dan video saat bersama pilot Susi Air. Tampak pilot Philips bersama sejumlah orang dengan bersenjata laras panjang. Foto dan video itu telah tersebar di media sosial.


Berdasarkan dokumentasi itu, Saleh menyimpulkan bahwa pilot Philips bersama KKB pimpinan Egianus Kagoya.


Simak selengkapnya dalam video berikut.


Video Jurnalis: Nissi Elizabeth

Penulis Naskah: Nissi Elizabeth

Video Editor: Nissi Elizabeth

Produser: Rakhmat Nur Hakim


#OnLocation #JernihkanHarapan #PilotSusiAir #Demokrat #KKBPapua

Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke