Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

NR #41: Kentang Lokal Berkualitas Khas Muara Enim, Komoditi Unggulan dari Indonesia

15 Februari 2023, 09:00 WIB

Salam Nusaraya! Semangat Bhinneka Indonesia Raya!


Kabupaten Muara Enim yang terletak di jantung provinsi Sumatera Selatan merupakan salah satu ikon nasional yang telah lama dikenal akan kekayaan batu baranya. Kawasan yang menjadi lokasi utama komoditas ini berada di kelurahan Tanjung Enim dimana aktivitas pertambangan telah berlangsung sejak 100 tahun lalu.


Namun, potensi Muara Enim tak terbatas pada tambang. Delapan puluh persen wilayah kabupaten Muara Enim yang didominasi pertanian dan perkebunan menjadikan wilayah ini juga menghasilkan komoditas - komoditas agraria unggulan. Dalam memaksimalkan produksinya, pemerintah Muara Enim juga menggandeng pihak swasta untuk turut berkontribusi. Kualitas kentang yang dihasilkan petani Muara Enim bahkan dianggap sebagai yang terbaik di Indonesia. Produk kopi unggulan dari salah satu desa, yakni Semende dianggap punya cita rasa yang khas dan mulai dilirik pasar luar negeri.


Bagaimana Kabupaten Muara Enim mengelola potensi - potensi tersebut? Simak obrolan lengkapnya bersama Bupati Muara Enim Ahmad Usmarwi Kaffah, S.H., L.LM., LL.M., Ph.D., hanya di Nusaraya.


#nusaraya #bupatimuaraenim #kabupatenmuaraenim #ahmadusmarwikaffah #kcm #jernihmelihatdunia

Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke