Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dahan Roboh, Timpa Objek Wisata Mata Air Cokro

14 Februari 2023, 16:36 WIB

KLATEN, KOMPAS.TV - Dari video amatir yang diambil oleh warga, memperlihatkan kondisi pasca robohnya dahan pohon jenis munggur berukuran besar dan berusia tua yang menimpa lapak pedagang di Objek Wisata Mata Air Cokro, Desa Cokro, Kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, pada hari Senin (13/2/2023) siang.

Dalam video amatir tersebut, terlihat lapak pedagang porak-poranda setelah tertimpa dahan pohon berdiameter kurang lebih 80 sentimeter.

Kejadian tersebut mengakibatkan lapak serta perabotan milik pedagang menjadi rusak. Dahan pohon yang patah juga memenuhi kolam renang. Salah satu pemilik lapak dagangan, Isdinah menuturkan bahwa sebelum dahan pohon patah, ia sempat mendengar suara seperti patahan kayu yang awalnya pelan, tapi kemudian menjadi semakin kencang.

Ketika kejadian, ia berhasil menyelamatkan diri. Namun, lapaknya rusak karena tertimpa dahan dan diperkirakan mengakibatkan kerugian sekitar Rp 45 juta.

“Suara tok-tok, makin lama makin sering dan semakin keras. Kemudian saya lari,”ujar Isdinah.

Sementara itu, koordinator pengelola Objek Wisata Mata Air Cokro, Darwito menjelaskan dahan pohon Munggur tersebut roboh diduga sudah lapuk karena berusia tua. Meski demikian, Darwito mengatakan objek wisata tetap buka. Hanya saja lokasi robohnya dahan tersebut masih dibatasi, sembari menunggu proses pembersihan selesai.

“Saya cek cuma dahan, mengenai wisata mata air tetap akan buka,”kata Darwito.

Sejumlah sukarelawan dan warga sekitar bergotong royong untuk membersihkan patahan dahan yang menimpa lapak pedagang serta memenuhi kolam renang. Beruntung, tidak ada korban luka maupun korban jiwa dalam kejadian ini.

#klaten #dahanroboh #objekwisatamataaircokro

Artikel ini bisa dilihat di : https://www.kompas.tv/article/378503/dahan-roboh-timpa-objek-wisata-mata-air-cokro
Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke