Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wagub Jawa Tengah, Taj Yasin Daftar Calon DPD RI

14 Februari 2023, 15:53 WIB

SEMARANG, KOMPAS.TV – Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen tercatat sebagai bakal calon DPD RI Tahun 2024. Hal tersebut terungkap saaat Ketua KPU Jawa Tengah memaparkan calon-calon DPD RI yang mendaftar di KPU Jawa Tengah.

Ketua KPU Jawa Tengah menyampaikan informasi yang menarik tentang pendaftaran calon anggota DPD RI dari daerah pemilihan Jawa Tengah. Berdasarkan Informasi tersebut Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen atau Gus Yasin mendaftar sebagai bakal calon anggota DPD RI dalam Pemilu Legislatif.

Taj Yasin melalui timnya sudah menyerahkan berkas syarat pendaftaran dan sudah dalam proses di KPU Jawa Tengah, daftar calon anggota tersebut masih bisa berubah selama belum ada penetapan calon anggota DPD RI.

“Ini kan baru untuk persyaratan minimal dukungan, jadi ini bukan pendaftaran namun penyerahan syarat minimal dukungan,“ ucap Paulus Widiyantoro, Ketua KPU Jawa Tengah.

Keberadaan nama Wakil Gubernur Jawa Tengah dalam daftar bakal calon DPD RI dibenarkan oleh Taj Yasin Maimoen. Dirinya sengaja mendaftar sebagai anggota DPD RI setelah melakukan koordinasi dengan berbagai kerabatnya.

“Untuk saat ini, saya sendiri juga mendaftarkan diri sebagai salah satu calon anggota DPD Provinsi Jawa Tengah itu dilandasi karena kebermanfaatan dan kemarin ketika di bulan Desember sekitar tanggal 10 Desember hingga 15 Desember dibuka pendaftaran calon DPD sehingga saya bersama teman-teman melakukan musyawarah,”kata Taj Yasin Maimoen.

Untuk menentukan lolos tidaknya sebagai bakal calon DPD RI, KPU Provinsi Jawa Tengah masih melakukan beberapa tahapan seleksi. Setelah lolos pendaftaran KPU akan melakukan verifikasi faktual terkait jumlah minimal dukungan yakni sebanyak 5.000 dukungan. Setelah tahapan verifikasi faktual dan mendapat sertifikat mendaftar, Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen harus menyerahkan surat pengunduran diri sebelum  penetapan daftar calon tetap pada bulan November 2023.

#tajyasin #dpdri #pemilu

Artikel ini bisa dilihat di : https://www.kompas.tv/article/378473/wagub-jawa-tengah-taj-yasin-daftar-calon-dpd-ri
Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke