Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemilu 2024 Aman dan Nyaman, KPU dan Polda Jawa Tengah Jalin Kerjasama

14 Februari 2023, 15:38 WIB

SEMARANG, KOMPAS.TV – Untuk menciptakan suasana aman dan nyaman saat gelaran Pemilu serentak 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah melakukan penandatanganan kerja sama tentang pengamanan penyelengaraan Pemilu 2024 dengan Polda Jawa Tengah.

Komisi Pemilihan Umum Jawa Tengah pada hari Jumat (10/02/2023) siang melakukan penandatanganan kerja sama dengan Polda Jawa Tengah, untuk pengamanan penyelenggaraan Pemilu serentak 2024 di Patrajasa, Kota Semarang.

Kerja sama yang dilakukan oleh KPU Jawa Tengah bersama dengan TNI-Polri ini, disambut baik oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Pasalnya, pada Pemilu yang akan dilakukan secara serentak ini, dimungkikan akan menimbulkan kerawanan tersendiri.

“Tadi pak Kapolda telah menyampaikan, seperti yang disampaikan oleh Kapolda nanti kalau calon-calon tadi yang ada di gambar itu kalau sudah keluar namanya nanti digoreng-goreng, nah hal ini menurut saya penting untuk disampaikan,”ujar Ganjar Pranowo.

Menindaklanjuti potensi kerawanan dalam Pemilu secara serentak ini, Kapolda Jawa Tengah telah melakukan pemetaan daerah-daerah yang dinilai rawan. Selain melakukan pengamanan di semua titik kerawanan, Direktorat Kriminal Khusus Polda Jawa Tengah juga akan melakukan patroli siber selama pelaksanaan tahapan Pemilu secara serentak.

“Indeks kerawanan kita ada 2 yaitu indeks kerawanan pemilu dari Bawaslu dan dari Baintelkam juga memberikan indeks kerawanan pemilu, untuk jawa tengah sendiri secara nasional tidak termasuk daerah yang rawan tetapi semuanya harus dilakukan dengan kesiapsiagaan. Semuanya memiliki kerawanan baik dari proses pendistribusian, kotak suara, dan percetakan,” ucap Irjen Pol Ahmad Luthfi, Kapolda Jawa Tengah.

Untuk tahapan-tahapan pengamanan yang akan dilakukan oleh KPU Jawa Tengah, yakni akan mengandeng aparat TNI-Polri untuk mengawal petugas KPU yang akan mulai melakukan pendataan awal atau pencocokan data pemilih di semua kabupaten kota di Jawa Tengah selain itu aparat TNI-Polri nantinya juga akan dilibatkan dalam pengamanan kantor KPU Bawaslu maupun tempat distribusi logistik hingga tempat peyimpanan logistik KPU.

“Kita buat peta distribusi, jadi seperti berapa jam dan kondisinya bagaimana sehingga armadanya seperti apa nanti kita prioritaskan daerah daerah yang secara pemetaan distribusi kemarin daerah yang cukup rawan,”ucap Paulus Widiyantoro, ketua KPU Jawa Tengah

Langkah kerja sama yang dilakukan KPU Jawa Tengah ini, sebagai komitmen untuk menjamin keamanan pelaksanan tahapan Pemilu secara serentak yang akan dilakukan pada 2024 mendatang.

#pemilu #poldajateng #ganjarpranowo

Artikel ini bisa dilihat di : https://www.kompas.tv/article/378459/pemilu-2024-aman-dan-nyaman-kpu-dan-polda-jawa-tengah-jalin-kerjasama
Video Terkait
Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke