Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Detik-detik Evakuasi 25 Warga Paro Papua dari Serangan KKB

11 Februari 2023, 12:27 WIB

Personel Gabungan TNI Polri berhasil mengevakuasi 25 warga Distrik Paro yang ingin mengamankan diri ke Distrik Kenyam, Nduga, Papua Pegunungan, Jumat (10/2/2023).  Usai adanya 15 pekerja bangunan yang diancam dan pesawat Susi Air yang dibakar oleh KKB. Warga sekitar merasa takut dan ingin mengamankan dirinya.

Kepala Operasi Damai Cartenz mengatakan ketika pihaknya melakukan evakuasi para pekejra pembangunan Puskesmas Distrik Paro, pihaknya menemukan bahwa masyarakat turut mengamankan diri ke arah Kenyam.  Ia mengungkapkan bahwa sejumlah warga yang hendak mengungsi tersebut tidak dibekali dengan persediaan bahan makanan. Padahal Distrik Kenyam berjarak cukup jauh. Biasanya warga Paro membutuhkan waktu hingga empat hari untuk berjalan kaki ke Kenyam.

Melihat kondisi tersebut, aparat keamanan memutuskan untuk melakukan evakuasi warga di sekitar Gunung Wae yang menjadi lokasi penjemputan 15 pekerja bangunan pada Rabu(8/2/2023) lalu. Sebanyak 25 orang telah dievakuasi dan berhasil sampai ke Distrik Kenyam. Diantara jumlah tersebut 13 orang diantaranya adalaha anak-anak dan 1 diantaranya adalah seorang ibu dalam keadaan sakit yang kini tengah menjalani perawatan di Puskesmas Kenyam  

Video Jurnalis : Dhias Suwandi
Penulis Naskah: Novyana Nurmita Dewi
Video Editor: Firzha Ananda Putri
Produser: Firzha Ananda Putri
Music: Chariots of War-Aakash Gandhi
#EvakuasiParo #Papua #KKB #JernihkanHarapan



Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke