Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bantah Video Tentara China Masuk Indonesia, Polri: Itu Brimob dari Papua

4 Februari 2023, 19:12 WIB

Unggahan video bernarasi tentara China masuk ke Indonesia viral di media sosial. Video itu dibagikan slah satu akun Facebook pada Jumat (3/2/2023).

"Udah terang2an pakai seragam militer? Tentara China sudah masuk Indonesia. Untuk apa?!?" demikian keterangan yang dituliskan.

Dalam video berdurasi 25 detik itu, tampak sejumlah orang mengenakan seragam lengkap menyerupai tentara dan berbaris di sebuah bandara. Tampak di belakang mereka pesawat Lion Air berwarna putih.

Video itu kemudian dikaitkan dengan kabar bahwa tentara China telah masuk Indonesia menggunakan maskapai Lion Air.

Saat dikonfirmasi, Corporate Communication Strategic PT Lion Air Danang Mandala Prihantoro menuturkan, penerbangan tersebut bukan membawa penumpang seperti yang dibicarakan dan ditanyakan pada video.

"Penerbangan dimaksud adalah rute domestik yang terjadi pada 28 dan 31 Desember 2022," ujarnya kepada Kompas.com, Jumat (3/2/2023) malam.

Sementara itu, Divisi Humas Polri melalui unggahan di akun Instagramnya, @divisihumaspolri, memastikan bahwa video bernarasi tentara China masuk Indonesia adalah tidak benar alias hoaks.

Dituliskan bahwa video yang bersumber dari akun TikTok @99bima_satria itu sengaja dibuat dengan tujuan untuk menyebarkan keresahan di masyarakat.

"Divisi Humas Polri memastikan video tersebut adalah tidak benar atau hoaks. Faktanya, video tersebut adalah pasukan Brimob yang tiba setelah bertugas di Satgas Damai Cartenz, Papua," tulis akun @divisihumaspolri.

Simak selengkapnya dalam video berikut.

Penulis: Dandy Bayu Bramasta

Penulis Naskah: Rizkia Shindy

Video Editor: Claudia Aviolola

Produser: Rakhmat Nur Hakim

Music: Fat Man-Yung Logos

#TentaraChina #JernihkanHarapan

Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke