Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polandia Akan Bangun Kembali Tirai Besi demi Jauhkan Diri dari Pengaruh Rusia

4 Februari 2023, 12:39 WIB

Presiden Polandia Andrzej Duda mengatakan, dia siap membangun kembali “tirai besi” guna menjauhkan Rusia dari negaranya. Hal itu disampaikan Duda kepada wartawan di ibu kota Latvia, Riga, saat dia menggelar pertemuan dengan Presiden Latvia Egils Levits, Kamis (2/2/2023). “Saya siap untuk tirai besi dibangun kembali, jika saya harus berurusan dengan negara agresif di perbatasan timur yang ingin membunuh tetangganya, mengambil tanah mereka dan mengambil kebebasan mereka,” kata Duda, sebagaimana dilansir Yeni Safak.

Dia menekankan bahwa Polandia akan melakukan segala upaya untuk mencegah perang pecah di Eropa, oleh karenanya perlu untuk meningkatkan kemampuan pencegahan militer. “Hari ini tujuan sebenarnya dari para pemimpin Rusia, dan terutama Vladimir Putin adalah mengembalikan kekaisaran Tsar,” ujar Duda, dikutip Kantor Pers Polandia. Tsar adalah gelar penguasa Rusia di era kekaisaran. “Kami menentang perang ini dan akan melakukan segalanya untuk menjauhkannya dari depan pintu kami,” ujar Duda.

Dia juga mengeklaim bahwa perang Rusia di Ukraina telah menyebabkan perubahan signifikan dalam cara pandang banyak orang terhadap dunia, terutama terkait keamanan dan masa depan.

Simak selengkapnya dalam video berikut.

Penulis: Danur Lambang Pristiandaru

Penulis Naskah: Rizkia Shindy

Narator: Rizkia Shindy

Video Editor: Timothy Afryano

Produser: Rose Komala Dewi

Music: Find Your Way - Anno Domini Beats

#Polandia #Rusia #AndrzejDuda #JernihkanHarapan

Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke