Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SIASAT BRUTAL SANG JENDERAL (12) - Besarnya Pengaruh Ferdy Sambo dan Kesetiaan Anak Buah

4 Februari 2023, 09:24 WIB

Ferdy Sambo disebut memiliki pengaruh besar di institusi Polri saat menjabat sebagai kepala "polisinya polisi". Bahkan setelah lengser dari jabatan Kadiv Propam Polri, pengaruh dan "kekuatan" Sambo disebut tak pudar.

Kekuatan itu salah satunya disampaikan Menko Polhukam Mahfud MD. Ia sampai harus melempar kode keras bahwa ada sosok Brigadir Jenderal yang berupaya menekan agar putusan Sambo tidak seumur hidup atau bahkan hukuman mati dalam kasus pembunuhan Brigadir Yosua.

Bukan hanya itu, gerilya Sambo juga menyasar langsung pada para hakim. Mahfud menyebut viralnya video sosok yang diduga Ketua Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan Wahyu Iman Santoso sebenarnya memiliki tujuan khusus. Mahfud menduga video tersebut bagian dari teror yang bertujuan agar hakim tak berani menjatuhkan vonis berat ke Sambo. Sebab secara logika, dengan adanya video tersebut sebelum vonis, maka hakim Wahyu sedang dibuat ragu untuk memvonis berat Ferdy Sambo.

Lantas, benarkah Sambo punya pengaruh besar di institusi Polri? Siasat Brutal Sang Jenderal kali ini akan membedah soal pengaruh tersebut.

Simak selengkapnya dalam video berikut.

Simak juga serial SIASAT BRUTAL SANG JENDERAL lainnya di playlist ini:

https://www.youtube.com/playlist?list=PLFYHAhc-KMiAKv6W3JGnEQnEVdAH4YQ63

Penulis Naskah: Rizkia Shindy

Narator: Timothy Afryano

Video Editor: Dina Rahmawati

Produser: Adil Pradipta, Adesari Aviningtyas

Music: Investigation - shymonmusic, Investigation Suspense Documentary Journalism - AZ Studio, Crime Scene - leto, CREATIVE DOCUMENTARY - AMADASOUNDS

#SiasatBrutalSangJenderal #FerdySambo #SidangSambo #JernihkanHarapan #SpesialKompascom

Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke