Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tentukan Pilihanmu
0 hari menuju
Pemilu 2024

Skandal Korupsi Petinggi Ukraina di Tengah Invasi Rusia

25 Januari 2023, 15:14 WIB

Beberapa pejabat tinggi Ukraina mengumumkan pengunduran diri pada Selasa (24/1/2023), ketika Kementerian Pertahanan diguncang oleh tuduhan penyelewengan pengadaan makanan. Kasus ini bisa jadi skandal korupsi terbesar yang terjadi di Ukraina sejak dimulainya invasi Rusia pada 24 Februari 2022. Ukraina dilaporkan memiliki sejarah korupsi endemik, termasuk di kalangan elit politik.


Tetapi upaya untuk membasmi korupsi telah terhalang oleh perang besar-besaran melawan Rusia. Diberitakan AFP, Wakil Menteri Pertahanan Ukraina Vyacheslav Shapovalov, Wakil Kepala Administrasi Lepresidenan Kyrylo Tymoshenko, dan Wakil Jaksa agung Oleksiy Symonenko termasuk di antara para pejabat tinggi Ukraina yang mengundurkan diri. Kementerian Pertahanan Ukraina mengumumkan pengunduran diri Shapovalov yang bertanggung jawab atas dukungan logistik tentara atas tuduhan menandatangani kontrak makanan dengan harga yang dinaikkan. Laporan media lokal pada pekan lalu menuduh Kementerian Pertahanan Ukraina telah menandatangani kesepakatan dengan harga dua sampai tiga kali lebih tinggi dari harga semestinya. Dalam sebuah pernyataan, Kementerian Pertahanan Ukraina menegaskan tuduhan itu tidak berdasar.


Simak selengkapnya dalam video berikut.


Penulis : Irawan Sapto Adhi

Penulis Naskah: Musayadah Khusnul Khotimah

Narator: Musayadah Khusnul Khotimah

Video Editor: Ragil Listianto

Produser: Firzha Ananda Putri

Musik: Topic - Aakash Gandhi

#SkandalKorupsi #PresidenUkraina #MenteriUkraina #JernihkanHarapan

Video Terkait
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke