Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tren Ngemis Berkedok Live Mandi Lumpur, Ini Faktor Pemicunya

23 Januari 2023, 16:27 WIB

Fenomena 'mengemis online' dengan cara live di media sosial TikTok sedang ramai jadi perbincangan warganet. Hal itu karena sejumlah orang yang mengaku kreator melakukan siaran langsung atau live di TikTok dengan melakukan kegiatan ekstrem atau tak wajar. Mereka memanfaatkan fitur 'gift' yang ada di TikTok dan berharap bisa mendapatkan gift dengan jumlah banyak dari penonton dan kemudian menukarnya dengan uang.

Beberapa konten yang banyak disoroti warganet adalah live di TikTok dengan cara berendam di air hingga mandi lumpur. Fenomena 'mengemis online' dengan cara-cara tersebut tidak hanya dilakukan satu orang, namun juga sejumlah orang. Bahkan juga orang tua atau lansia.

Lantas, mengapa munculnya orang-orang ngemis online ini bisa terjadi? Sosiolog dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Drajat Tri Kartono menyebut ada dua hal yang bisa jadi pemicu fenomena ini. Salah satunya karena kesadaran pelaku yang mengetahui bahwa ada ruang baginya via TikTok untuk mendapatkan simpati, perhatian, dan uang.

Selain itu, pelaku juga dinilai mengetahui bahwa orang Indonesia memiliki kedermawanan sosial yang tinggi. "Kedermawanan orang Indonesia nomor satu di dunia. Artinya orang Indonesia bisa dipengaruhi untuk berbelaskasihan, memberi ini-itu," kata dia saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (7/1/2023).

Simak selengkapnya dalam video berikut.

Video Jurnalis: Kontributor Lombok Tengah, Idham Khalid

Penulis: Kontributor Lombok Tengah, Idham Khalid | Rintan Puspita Sari | Fika Nurul Ulya | Nur Rohmi Aida | Bill Clinten

Penulis Naskah: Rizkia Shindy

Narator: Putri Aulia

Video Editor: Dina Rahmawati

Produser: Adesari Aviningtyas

Music:Behind My Back, Finding Me, The Devil s Piano, Contagious

#NenekMandiLumpur #NgemisOnline #OhBegitu #JernihkanHarapan #SpesialKompascom

Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke