Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kasus Serial Killer Wowon Cs, Kriminolog UI Duga Keluarga Merupakan Tumbal

21 Januari 2023, 10:09 WIB

Kasus serial killer Wowon Cs membuat kriminolog Universitas Indonesia (UI) Adrianus Meliala angkat bicara. Menurutnya, pembunuhan berantai di bekasi dan Cianjur yang menyasar anggota keluarga itu bukan sekadar ingin menghilangkan saksi.

“Alasannya bukan karena anggota keluarga mengetahui kejahatan, tetapi menjadi tumbal. Tumbal biasanya objek paling dicintai, oleh karena itu, anak bisa menjadi korban,” ujar Adrianus, Jumat (20/1/2023).

Selain itu, ia juga menilai, kasus ini terungkap karena polisi menemukan kejanggalan dalam kasus keracunan, yakni ditemukannya lubang berisi jenazah para korban, sehingga kasus berubah menjadi dugaan pembunuhan.

Polisi pun mengikuti jejak dan melihat tempat kejadian perkara (TKP) di Bekasi serta bertanya kepada korban yang masih hidup.

“Akhirnya bisa menangkap tiga orang ini dan terlihat konteks di TKP di Cianjur dan Subang. Jika tidak terungkap, tiga orang ini akan terus bekerja dalam kasus-kasus selanjutnya. Ini blessing in disguise,” ucapnya.

Ia juga menilai, upaya meracuni korban memiliki tempo yang longgar dan dilakukan di rumah sendiri. Artinya, pelaku memiliki waktu untuk berpikir cara terbaik mengakhiri aksinya.

“Mencekik korban supaya cepat meninggal, lalu mencoba mengaburkan dengan minum racun sedikit,” tuturnya.

Simak selengkapnya dalam video berikut.

Video Jurnalis: Kontributor Cianjur, Firman Taufiqurrahman

Penulis Naskah: Rizkia Shindy

Narator: Rizkia Shindy

Video Editor: Dina Rahmawati

Produser: Okky Mahdi Yasser

Music: Investigation - shymonmusic

#SerialKillerCianjur #PembunuhanBerantaiCianjur #JernihkanHarapan

Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke