Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[FULL] OC Kaligis Resmi Jadi Pengacara Lukas Enembe

20 Januari 2023, 20:45 WIB

Gubernur nonaktif Papua Lukas Enembe beserta keluarga resmi menunjuk Otto Cornelis Kaligis atau OC Kaligis menjadi pengacaranya pada Jumat, (20/1/2023). 


Dengan ini, OC Kaligis pun masuk ke dalam tim kuasa hukum bersama Stefanus Roy Rening untuk mendampingi Lukas Enembe dan keluarga dalam perkara dugaan suap dan gratifikasi. 


Sebagai informasi, OC Kaligis merupakan mantan narapidana korupsi. Ia pernah divonis bersalah dalam kasus korupsi oleh Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta Pusat.


Ia dinyatakan terbukti menyuap hakim dan panitera Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Medan dan divonis 5,5 tahun penjara. OC Kaligis juga didenda Rp 300 juta subsider 4 bulan kurungan. OC Kaligis telah menyelesaikan masa pidananya pada tahun 2022. 


Sementara itu, Lukas Enembe ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK karena dugaan suap dan gratifikasi. Ia diduga menerima suap dari Direktur PT Tabi Bangun Papua, Rijatono Lakka sebesar Rp 1 miliar untuk memilih perusahaan konstruksi itu sebagai pemenang lelang tiga proyek multiyears di Papua. 


Lukas juga diduga menerima gratifikasi sebesar Rp 50 miliar terkait dengan jabatannya sebagai gubernur. 


Informasi selengkapnya dapat disimak dalam video berikut. 


Video Jurnalis: Talitha Yumnaa 

Penulis Naskah: Talitha Yumnaa

Video Editor: Talitha Yumnaa

Produser: Rakhmat Nur Hakim 


#JernihkanHarapan 


Video Terkait
Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke