Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SIASAT BRUTAL SANG JENDERAL (11) - Polemik Tuntutan Jaksa untuk Sambo Cs

21 Januari 2023, 07:49 WIB

Ferdy Sambo hingga Richard Eliezer telah selesai mendengarkan pembacaan tuntutan dari jaksa penuntut umum (JPU) dalam sidang kasus pembunuhan berencana Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J yang digelar pada 16-18 Januari 2023.

Untuk Ferdy Sambo, jaksa meminta majelis hakim menjatuhkan vonis seumur hidup. Jaksa menilai perbuatan Ferdy Sambo yang menghilangkan nyawa manusia dan sempat tidak mengakui perbuatannya yang memberatkan tuntutan terhadapnya. Selain itu, jaksa menilai tidak ada hal yang bisa meringankan tuntutan terhadapnya.

Tuntutan tertinggi kedua dalam kasus pembunuhan Brigadir Yosua ini ditujukan untuk Richard Eliezer. Dalam sidang pembacaan tuntutan yang digelar Rabu (18/1/2023), jaksa menuntut Richard dengan hukuman 12 tahun penjara.

Pada hari yang sama, JPU juga membacakan tuntutan untuk Putri Candrawathi, yakni hukuman delapan tahun penjara untuk istri Ferdy Sambo itu. Sama seperti Putri, terdakwa Ricky Rizal Wibowo dan Kuat Maruf juga dituntut pidana delapan tahun penjara.

Namun, banyak pihak yang menilai tuntutan hukuman bagi masing-masing terdakwa belum berkeadilan. Hal itu diutarakan pihak keluarga Yosua, Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK), hingga para pakar hukum pidana.

Simak selengkapnya dalam video berikut.

Simak juga serial SIASAT BRUTAL SANG JENDERAL lainnya di playlist ini:

https://www.youtube.com/playlist?list=PLFYHAhc-KMiAKv6W3JGnEQnEVdAH4YQ63

Penulis Naskah: Rizkia Shindy

Narator: Timothy Afryano

Video Jurnalis: DEW, HAM, Anasthasya

Video Editor: Dina Rahmawati

Produser: Adil Pradipta, Adesari Aviningtyas

Music:Mysterious Suspenseful Investigative Documentary - lucafrancini, Crime Scene -leto, Investigation - shymonmusic, Suspense - philarson, Investigation Suspense Documentary Journalism - AZ Studio, Crime Scene Investigation - gentle jammers

#SiasatBrutalSangJenderal #SidangSambo #FerdySambo #RichardEliezer #BharadaE #PutriCandrawathi #JernihkanHarapan #SpesialKompascom

Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke