Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Krisis Demi Krisis Warnai Perjalanan Jacinda Ardern sebagai PM Selandia Baru

20 Januari 2023, 15:38 WIB

Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern, yang dipuji di seluruh dunia atas penanganannya terhadap penembakan massal terburuk di negara itu dan tahap awal penanganan pandemi virus corona, mengatakan pada Kamis (19/1/2023) bahwa dia meninggalkan jabatannya.

Dilansir dari Associated Press, Ardern menghadapi tekanan politik yang meningkat di dalam negeri dan tingkat kritik dari beberapa orang yang belum pernah dialami oleh para pemimpin Selandia Baru sebelumnya.

Meski begitu, tetap saja, pengumumannya mengejutkan orang-orang di seluruh negara berpenduduk 5 juta orang.

Ardern menjadi inspirasi bagi wanita di seluruh dunia setelah pertama kali memenangkan jabatan tertinggi pada tahun 2017 di usia yang relatif muda, 37 tahun. Dia tampaknya menjadi generasi kepemimpinan baru.

Dia menjadi seorang dengan gaya khas milenial, telah membuat beberapa rekor sebagai seorang DJ paruh waktu, dan tidak menikah seperti kebanyakan politisi. Pada tahun 2018, ia menjadi pemimpin dunia kedua yang melahirkan saat menjabat. Belakangan tahun itu, dia membawa bayi perempuannya ke lantai Majelis Umum PBB di New York.

Pada Maret 2019, Ardern menghadapi salah satu hari tergelap dalam sejarah Selandia Baru ketika seorang pria bersenjata supremasi kulit putih menyerbu dua masjid di Christchurch dan membantai 51 orang.

Dia dipuji secara luas atas cara dia berempati dengan para penyintas dan komunitas Muslim Selandia Baru setelahnya. Kurang dari sembilan bulan kemudian, dia menghadapi tragedi lain ketika 22 turis dan pemandu tewas saat gunung berapi White Island meletus.

Simak selengkapnya dalam video berikut.

Penulis: Tito Hilmawan Reditya

Penulis Naskah: Rizkia Shindy

Narator: Rizkia Shindy

Video Editor: Abdul Azis

Produser: Ira Gita Natalia Sembiring

Music: Nine Lives - Unicorn Heads

#JacindaArdern #JernihkanHarapan

Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke