Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pantauan BMKG Gempa Susulan Masih Terjadi di Singkil

18 Januari 2023, 14:36 WIB

ACEH BESAR, KOMPAS.TV - Gempa bumi berkekuatan 6,2 magnitudo mengguncang Kabupaten Aceh Singkil, Provinsi Aceh, pada Senin 16 Januari 2023 kemarin. Pantauan BMKG Stasiun Geofisika Mata Ie, Aceh besar, pusat gempa berada pada kedalaman 54 kilometer dibawah laut bagian tenggara kabupaten tersebut.

Gempa berdurasi tiga hingga 10 detik itu, sempat membuat warga di sekitar pantai panik dan berhamburan ke luar rumah. Menurut tim pemantau gempa BMKG Stasiun Geofisika Mata Ie Hediyanti Resti, gempa diakibatkan adanya aktivitas subduksi lempeng Indo – Australia yang menujam kebawah lempeng Eurasia.

Pihaknya memprediksi, gempa susulan akan terus terjadi di wilayah tersebut, namun masyarakat diminta untuk tidak panik, serta tidak termakan informasi hoax. Untuk informasi gempa, masyarakat bisa mengakses langsung informasil langsung dari BMKG.

Gempa yang terjadi di Aceh Singkil  juga ikut dirasakan mulai dari kabupaten Aceh Selatan, hingga ke Kota Padang Sidempuan Provinsi Sumatara Utara, dengan kekuatan dua hingga empat Modified Mercally Intensit atau MMI. Saat ini aktivitas warga di daerah tersebut sudah mulai kembali normal, hingga saat ini tida ada laporan terkait kerusakan dan korban jiwa di wilayah tersebut yang diakibatkan gempa bumi.

Artikel ini bisa dilihat di : https://www.kompas.tv/article/369410/pantauan-bmkg-gempa-susulan-masih-terjadi-di-singkil
Video Terkait
Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke