Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pagelaran Teater Pakeliran Kisahkan Arya Pengalasan

18 Januari 2023, 13:39 WIB

DENPASAR, KOMPAS TV - Inilah pagelaran Teater Pakeliran, berbeda dengan pementasan wayang kelir pada umumnya, pementasan teater pakeliran ini memadukan seni wayang  dan tarian, orang menjadi lakonnya  menari dengan menggunakan hiasan kepala.

Mengangkat kisah babad Ki Barak mencari keberadaan ayahnya  Prabu Erlangga, yang pada akhir pertemuan tersebut Ki Barak  yang sebelumnya diasuh oleh ibunya di hutan berhasil bertemu ayahnya dan diberi nama Arya Pengalasan.

Dengan iringan gambelan bebonangan teater pakeliran merupakan  pagelaran ujian tugas akhir salah satu mahasiswa Institute Seni Indonesia Denpasar.

Penggarap karya  I Nyoman Nasib Sulistiawan  mengaku terinspirasi dari dalang Made Sidia dan seniman luar negeri dalam penggarapan karyanya kali ini. Ditengah moderenisasi mahasiswa semester akhir ini mengaku tertarik dengan dunia pedalangan karena ingin melestarikan kesenian tradisional wayang.

 Pagelaran teater pakeliran, Arya Pengalasan ini  melibatkan  kurang lebih 30 penari dan penabuh dan digarap selama 1 bulan. 

 

 

 

 

 

#teaterpakeliran   #ISIdenpasar   #aryapengalasan

Artikel ini bisa dilihat di : https://www.kompas.tv/article/369384/pagelaran-teater-pakeliran-kisahkan-arya-pengalasan
Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke