Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gong Xi Fa Cai hingga Xin Nian Kuai Le, Ini Makna 7 Ucapan Imlek

18 Januari 2023, 14:07 WIB

Tahun Baru Imlek 2023 jatuh pada Minggu (22/1/2023) yang akan datang. Dalam merayakannya, banyak ucapan Imlek yang menggunakan kalimat Gong Xi Fa Cai. Tak sedikit orang yang mengartikan Gong Xi Fa Cai sebagai Selamat Tahun Baru Imlek, padahal sebenarnya bukan. Lantas, apa arti dari Gong Xi Fa Cai?

"Ucapan yang berarti Selamat Tahun Baru adalah Chunjie hao atau Guo nian Hao. Sedangkan ucapan tambahan Gong Xi Fa Cai itu artinya selamat, semoga makmur," kata Guru Besar Program Studi Bahasa Mandarin Universitas Indonesia (UI) Hermina Sutami kepada Kompas.com, belum lama ini. Selain itu, ia menambahkan, ada juga kalimat tambahan Wan Shi Ruyi yang memiliki arti "semua hal terwujud sesuai keinginan".

Menurut dosen senior Departemen Chinese Studies Universitas Malaya Prof Dr Yam Kah Kean, ada yang percaya istilah Gong Xi Fa Cai lebih fokus terhadap keuntungan materi daripada semangat kebersamaan di tahun baru China. "Karena itu banyak kalangan lebih suka mengucapkan kata Xin Nian Kuai Le yang artinya Selamat Tahun Baru di momen Imlek," kata Yam Kah Kean, dikutip Kompas.com (31/1/2022).

Dalam bahasa Mandarin, ucapan tahun baru Imlek yang paling umum adalah Xinnian Hao, yang secara langsung diterjemahkan sebagai 'New Year Goodness' atau kebaikan pada tahun baru. Adapun ucapan Imlek yang lebih formal adalah Xin Nian Kuai Le, secara harfiah berarti 'New Year happiness' atau selamat tahun baru.

Simak selengkapnya dalam video berikut.

Penulis: Suci Wulandari Putri Chaniago, Faqihah Muharroroh Itsnaini, Nabilla Ramadhian

Penulis Naskah: Rizkia Shindy

Narator: Putri Aulia

Video Editor: Abdul Azis

Produser: Adesari Aviningtyas

Music:The Chinese New Year - Fassounds, china - Danivin

#GongXiFaCai #Imlek2023 #OhBegitu #Imlek #JernihkanHarapan #SpesialKompascom

Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke