Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aktivis Greta Thunberg Ditahan saat Protes Perluasan Tambang Batu Bara di Jerman

18 Januari 2023, 11:12 WIB

Juru kampanye iklim asal Swedia, Greta Thunberg termasuk di antara para aktivis iklim yang ditangkap saat melakukan protes terhadap pembongkaran desa batu bara Luetzerath di Jerman pada Selasa (17/1/2023). Penghancuran desa dimaksudkan untuk perluasan tambang batu bara.

Thunberg ditangkap saat melakukan protes di tambang batu bara terbuka Garzweiler 2, sekitar 9 kilometer dari Luetzerath.

Namun, menurut Polisi setempat, Thunberg telah dibebaskan setelah dilakukan pemeriksaan identitas. Polisi anti huru hara berupaya memindahkan para aktivis dari gedung-gedung di desa yang telah ditinggalkan penduduk pekan lalu, tetapi pengunjuk rasa, termasuk Thunberg tetap bersikukuh berada di lokasi melakukan aksi duduk hingga Selasa.

"Kami akan menggunakan kekerasan untuk membawa anda ke pemeriksaan identitas, jadi tolong bekerja sama," kata seorang polisi kepada kelompok tersebut, sebagaimana dilaporkan kantor berita Reuters.

 Juru bicara kepolisian Aachen mengatakan, Greta Thunberg adalah bagian dari kelompok aktivis yang bergegas menuju tepi tambang. “Tetapi ia lalu dihentikan dan bersama kelompok ini diselamatkan dari ancaman bahaya dan diperiksa identitasnya," kata juru bicara itu kepada Reuters.

Simak selengkapnya dalam video berikut.

Penulis: Irawan Sapto Adhi

Penulis Naskah: Rizkia Shindy

Narator: Rizkia Shindy

Video Editor: Abdul Azis

Produser: Ira Gita Natalia Sembiring

Music: Chasing Time - SYBS

#GretaThunberg #Jerman #JernihkanHarapan

Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke