Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minim Industri Pengolahan Ekonomi Aceh Terendah di Sumatera

17 Januari 2023, 16:25 WIB

BANDA ACEH, KOMPAS.TV - Menurut Kepala Perwakilan Bank Indonesia Aceh, Achris Sarwani ekonomi Aceh masih di dorong sektor primer yaitu pertanian, perikanan dan pertambangan. Pangsa sektor industri pengolahan masih rendah yaitu 4,68 persen, masih di bawah pangsa pasar sektor industri pengolahan Sumatera yaitu 20,50 persen. Rata-rata laju pertumbuhan ekonomi Aceh dalam 10 tahun terakhir sebesar 2,66 persen dan tercatat yang terendah di sumatera yang tumbuh sebesar 3,92 persen.

Pertumbuhan ekonomi Aceh pada kuartal ketiga tahun 2022 sebesar 2,13 persen lebih rendah dari triwulan sebelumnya yang sebesar 4,36 persen. Untuk itu Bank Indonesia merekomendasikan adanya industri pengolahan kerena Aceh mempunyai potensi besar industri pengolahan karena memiliki sumber daya alam yang banyak, seperti sektor pertanian, perkebunan, peternakan  dan pertanian.

Seluruh pihak harus mendorong pertumbuhan ekonomi Aceh dengan membuka sebanyak banyaknya industri pengolahan ekonomi. Menurut Achris Sarwani, Aceh saat ini juga sedang mengembangkan ekonomi berbasis kawasan daerah seperti Banda Aceh, Sabang dan Aceh Besar dibidang Pariwisata, SDM dan insfraktruktur, bagian barat selatan Aceh dikembangkan sektor agroindustri, kawasan tengah Aceh dikembangkan untuk agroecology dan wilayah timur dan utara Aceh pengembangan agroindustri perikanan, pelabuhan dan industri halal food.

Artikel ini bisa dilihat di : https://www.kompas.tv/article/369003/minim-industri-pengolahan-ekonomi-aceh-terendah-di-sumatera
Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke