Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ummat Buddha Cuci Patung Budha & Hiasi Vihara

17 Januari 2023, 16:07 WIB

MAKASSAR, KOMPAS.TV - Menjelang imlek umat buddha di Makassar melakukan ritual pencucian patung buddha sebagai simbol penyucian diri menjelang imlek tahun baru umat buddha juga mulai menghias vihara dengan pernak-pernik imlek.

Pencucian patung buddha di lakukan umat buddha di vihara arama maha budha Tanjung Bunga Makassar umat secara sukarela datang membantu pengurus vihara mencuci patung budha dan dewa-dewa pencucian menggunakan air bunga agar wangi dan bersih.

Umat juga membersihkan peralatan sembahyang altar tempat pelita serta seluruh hiasan dalam area vihara, semua di lakukan secara sukarela oleh umat buddha sebagai bentuk bakti kepada budha serta menyambut hari raya imlek.

Bhante vihara arama maha budha yakni bhante bhadra bhakti mengatakan pencucian rupan ini adalah simbolisasi pencutian bating umat budha agar nantinya di tahun yang baru bisa menjadi pribadi yang lebih baik.

Selain membersihkan rupan altar dan patung budha umat budha vihara arama maha buddha tanjung juga bergotong-royong menyiapkan dekorasi imlek seperti hiasan naga lampion dan stiker penyambutan tamu untuk menyambut tahun baru china atau imlek tahun 2574 kongzili.

#jelangimlek
#ummatbuddha
#imlek2023

Artikel ini bisa dilihat di : https://www.kompas.tv/article/369044/ummat-buddha-cuci-patung-budha-hiasi-vihara
Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke