Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menggoyang-goyangkan Mobil Saat Isi Bensin, Emang Ngaruh?

16 Januari 2023, 17:00 WIB

Sebuah unggahan twit soal kendaraan yang mengisi bahan bakar minyak (BBM) sambil digoyang-goyang, ramai di media sosial Twitter. Hingga Senin (16/1/2023) siang, unggahan soal mengisi BBM sambil digoyang-goyang sudah dilihat lebih dari 32.000 kali dan mendapatkan disukai oleh lebih dari 220 pengguna Twitter. Lantas, apa pengaruh menggoyangkan kendaraan saat mengisi BBM?


Dosen Teknik Mesin Universitas Gadjah Mada (UGM) Jayan Sentanuhady menjelaskan, menggoyangkan kendaraan saat mengisi BBM tidak memiliki pengaruh apa pun. Jayan mengatakan, masyarakat kerap menganggap menggoyang-goyang kendaraan akan mencegah udara terjebak dalam tangki. Padahal, sifat bahan bakar yang cair akan memudahkannya mengisi bagian-bagian terjauh dan tersempit. Densitas atau massa jenis bahan bakar, terang Jayan, jauh di atas densitas udara. Oleh karena itu, dengan sendirinya bahan bakar akan berada di posisi paling bawah.


Bukan memberikan manfaat, Jayan mengatakan bahwa mengisi BBM sembari menggoyangkan kendaraan justru berbahaya. Dia menjelaskan, nozzle pengisi bahan bakar yang masuk ke mulut tangki akan bergesekan dengan dinding mulut tangki. Hal tersebut berpotensi memicu kebakaran karena di sekitar mulut tangki terdapat banyak uap bahan bakar.

Simak selengkapnya dalam video berikut.

__________

Penulis Naskah: Vanessa Benedicta

Host: Vanessa Benedicta

Video Editor: Vanessa Benedicta

Produser: Nibras Nada Nailufar

#isibensin #bensinmobil #isibbm #spbu #kreasikompascom

Jelajahi Tentang
Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke