Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sosok Brigjen Yehu Wangsajaya, Jenderal yang Tak Gengsi Naik Bus dan MRT

17 Januari 2023, 14:31 WIB

Citra aparat kepolisian tanah air tengah babak belur karena adanya sejumlah kasus besar, khususnya di sepanjang tahun 2022. Tetapi, di tengah anggapan jenderal polisi bergaya hidup mewah dan hedonisme, ada satu nama yang mematahkan stigma tersebut.

Ia adalah Brigadir Jenderal (Brigjen) Pol Yehu Wangsajaya. Yehu merupakan lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) pada tahun 1989. Yehu Wangsajaya juga menjadi salah satu perwira tinggi Polri yang banyak berkontribusi dalam perkembangan teknologi Polri.

Menariknya, meski sudah berpangkat bintang satu, kehidupan Yehu terbilang sederhana. Untuk berangkat ke kantor saja, ia masih menggunakan angkutan umum bus TransJakarta dan Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta.

Kebiasaan Yehu menggunakan transportasi umum ini merupakan telah dia lakukan sejak menempuh pendidikan di Jepang dan Amerika Serikat (AS). Sebab menurut dia, angkutan umum adalah pilihan yang lebih mudah, cepat, dan tidak mengalami macet.

Di sisi lain, karier Yehu di Polri cukup mentereng. Ia bahkan pernah bergabung dalam tim dan berkontribusi membangun dan mengaplikasikan Komputerisasi sebagai Ujian Teori Surat Izin Mengemudi (SIM) untuk pertama kalinya di Indonesia. Ia juga pernah menerapkan Aplikasi Riwayat Hidup Personil Polri (RHPP) Mabes Polri untuk pertama kalinya di Indonesia.

Kini, Yehu menjabat sebagai Analis Kebijakan Utama Manajemen Operasional Itwasum Polri.

Simak selengkapnya dalam video berikut.

Video Jurnalis: Fabian Januarius Kuwado

Videografer: Antonius Aditya Mahendra

Penulis Naskah: Rizkia Shindy

Narator: Timothy Afryano

Video Editor: Dina Rahmawati

Produser: Adil Pradipta, Adesari Aviningtyas

Music: Inspiring Technology Background - clean mind sounds, Progress - Brown House Media, Motivational Inspiring Background - clean mind sounds

#BrigjenYehuWangsajaya #Polri #JenderalBintangSatu #EksklusifKompascom #JernihkanHarapan #SpesialKompascom

Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke