Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Isu Reshuffle hingga Anies Warnai Spekulasi Pertemuan Luhut dan Paloh di London

16 Januari 2023, 13:13 WIB

Direktur Eksekutif Trias Politika Strategis Agung Baskoro menduga Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan membawa pesan baik dan buruk dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh.

Pesan itu diberikan oleh Luhut kepada Paloh saat keduanya bertemu di London, Inggris, pada Desember 2022 lalu. "Luhut bisa menjadi pembawa pesan Presiden Jokowi kabar baik dan kabar buruk kepada Surya Paloh. Utamanya soal reshuffle dan pencapresan," ujar Agung saat dimintai konfirmasi, Minggu (15/1/2023).

Agung memaparkan, apabila pesan itu terkait reshuffle, maka hasil komunikasi Luhut dengan Surya Paloh menentukan reshuffle jadi dilakukan atau tidak ke kubu Nasdem. Dia menyebutkan ada arahan reshuffle kabinet seharusnya digelar Jokowi pada Rabu (11/1/2023) lalu. Namun, reshuffle itu tertunda. "Seperti (reshuffle) 'tertunda' ke 1 Februari," ucap dia.

Apabila pembicaraan Luhut dan Paloh itu terkait capres, maka Surya Paloh ingin Anies Baswedan direstui oleh Jokowi. Hanya saja, ada kemungkinan Luhut justru menyampaikan kepada Paloh agar mempertimbangkan ulang pencapresan Anies Baswedan. "Ada kemungkinan Presiden Jokowi mendorong agar Surya Paloh menimbang ulang mencapreskan Anies," kata Agung. Dengan begitu, kata Agung, disharmoni antara Surya Paloh dan Jokowi yang selama ini mengemuka ke publik bisa tereliminasi.

Simak selengkapnya dalam video berikut.

Video Jurnalis: HAM, FIR

Penulis: Adhyasta Dirgantara

Penulis Naskah: Rizkia Shindy

Narator: Rizkia Shindy

Video Editor: Timothy Afryano

Produser: Ira Gita Natalia Sembiring

Music: Nine Lives - Unicorn Heads

#ReshuffleKabinet #AniesBaswedan #JernihkanHarapan

Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke