Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan Nelayan Demo Tolak Pajak Pasca Produksi

13 Januari 2023, 18:17 WIB

PATI, KOMPAS.TV - Ribuan nelayan di Kabupaten Pati, Jawa Tengah pada Jumat (13/01/2023) siang menggelar aksi unjuk rasa di depan halaman Kantor Bupati dan DPRD Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Mereka menuntut agar pajak pasca produksi diturunkan karena sangat memberatkan mereka.

Sempat terlibat aksi saling dorong dengan petugas, massa yang membawa berbagai spanduk tuntutannya menggelar orasi dan menuntut pemerintah bisa meninjau ulang kembali peraturan mengenai pajak pasca produksi yang mulai diberlakukan bulan Januari ini.

Menurut nelayan, banyak kebijakan pemerintah yang tidak memihak kepada nelayan, di antaranya kebijakan tentang jenis dan tarif Pungutan Negara Bukan Pajak (PNBP). Mulai Januari 2023 ini diberlakukan pajak pasca produksi dimana untuk kapal 60 gross ton ke atas dikenakan pajak 10 persen.

Kebijakan tersebut dianggap memberatkan bagi nelayan karena untuk melaut, biaya produksi mereka sudah tinggi ditambah dengan aturan pajak yang menurut mereka sangat memberatkan.

“Semua alat tangkap akan terdampak atas peraturan saat ini,”ujar Hadi Sutrisno, koordinator lapangan.

Usai perwakilan mereka diterima oleh anggota DPRD, para nelayan ahirnya membubarkan diri. Namun, mereka berjanji akan menggelar aksi yang lebih besar lagi jika tuntutan mereka tidak segera dipenuhi.

#nelayan #demo #pajak

Artikel ini bisa dilihat di : https://www.kompas.tv/article/367857/ribuan-nelayan-demo-tolak-pajak-pasca-produksi
Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke