Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Kuningan Perajin Tamiang & Cenigan Banjir Pesanan

13 Januari 2023, 12:06 WIB

BANGLI, KOMPAS TV - Seperti inilah aktivitas warga di Dusun Serokadan, Desa Abuan, Kecamatan Susut, Kabupaten Bangli, Bali,  jelang Hari Raya Kuningan. Umat hindu Bali, hampir di setiap rumah  warga di sini memproduksi kerajinan tamiang dan cenigaan, yang terbuat dari janur dan daun enau yang dirangkai sedemikian rupa dan diberi hiasan warna-warni.

Jelang Hari Raya Kuningan, permintaan akan kerajinan musiman ini cukup banyak bahkan hingga kewalahan melayanai pesanan. Dalam sehari satu orang pengerajin mamupu memproduksi 50 hingga ratusan tamiang dan cenigaan, yang sebagian besar pesanan datang dari daerah Denpasar, Gianyar, dan Bangli.

Sementara untuk harga satu ikat tamiang isi 4 buah dijual mulai harga 7 ribu hingga puluhan ribu tergantung ukuran dan kerumitannya.

Sementara kerajinan tamiang dan cenigaan ini merupakan salah satu perlengkapan upacara yang digunakan di tempat suci saat perayaan Hari Raya Kuningan umat hindu Bali.

 

 

 

 

 

 

 

#harirayakuningan    #tamiangcenigan   #bangli

Artikel ini bisa dilihat di : https://www.kompas.tv/article/367701/jelang-kuningan-perajin-tamiang-cenigan-banjir-pesanan
Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke