Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kalah Terus Lawan Ukraina, Putin Copot Komandan Perang

12 Januari 2023, 15:39 WIB

Rusia kembali mengganti komandan utamanya di Ukraina, dengan menempatkan kepala staf angkatan darat Valery Gerasimov sebagai penanggung jawab pasukannya, kata Kementerian Pertahanan pada Rabu (11/1/2023). "Jenderal Angkatan Darat Valery Gerasimov, Kepala Staf Umum angkatan bersenjata Rusia, ditunjuk sebagai Komandan Pengelompokan Pasukan (Angkatan Bersenjata) Gabungan," kata Kemenhan Rusia, dikutip dari kantor berita AFP. Sergei Surovikin, komandan pasukan Rusia di Ukraina selama tiga bulan terakhir, akan menjadi wakil Gerasimov.

Surovikin akan bekerja bersama dua jenderal lainnya, Oleg Salyukov dan Alexei Kim, menurut pernyataan tersebut. "Peningkatan tingkat kepemimpinan operasi khusus terkait dengan perluasan skala tugas yang ada dan kebutuhan mengatur interaksi lebih dekat antar pasukan," tambah Kemenhan Rusia. Salah satu kanal Telegram utama Rusia untuk mendukung serangan ke Ukraina yaitu Rybar, skeptis tentang apakah peralihan itu dapat membantu pasukan Moskwa berbuat lebih banyak.

"Memindahkan komponen tidak mengubah jumlah keseluruhan," kata Rybar di aplikasi perpesanan Telegram, seraya menambahkan, "Kami ingin percaya pada keajaiban di bulan ke-11 operasi khusus." Surovikin--veteran tentara dengan reputasi kejam--ditugaskan membalikkan keadaan di Ukraina pada Oktober 2022 saat tentara Rusia menghadapi serangkaian kekalahan di medan perang.

Simak selengkapnya dalam video berikut.

Penulis: Aditya Jaya Iswara

Penulis Naskah: Rizkia Shindy

Narator: Rizkia Shindy

Video Editor: Putri Aulia

Produser: Ira Gita Natalia Sembiring

Music: Cavalry - Aakash Gandhi

#JenderalRusia #JernihkanHarapan

Video Terkait
Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke