Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebabkan Banjir, Tanggul Jebol Diperbaiki

12 Januari 2023, 15:38 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Pemasangan karung berisi pasir di tanggul Sungai Pengkol Perumahan Dinar Indah Tembalang, senin siang terus dilakukan pengerjaannya oleh pekerja yang dibantu anggota TNI Kodam empat Diponegoro. Karung berisi pasir yang ditanam bersama dengan anyaman bambu itu, dilakukan untuk membuat tanggul sementara di sepanjang 25 meter pada tanggul yang jebol terkena luapan kali Pengkol Tembalang.

 

Kepala bidang operasi dan pemeliharaan balai besar wilayah Sungai Pemali-Juana mengaku, saat ini langkah darurat yang dilakukan dengan memasang bambu dan karung berisi pasir di lokasi jebolnya tanggul selebar 25 meter. Dan untuk penanganan selanjutnya, akan berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Semarang untuk membuat tanggul yang lebih kuat serta melakukan upaya normalisasi.

 

Dalam penanganan tanggul di Perumahan Dinar Indah Tembalang Semarang ini, Balai Besar Wilayah Sungai Pemali Juana akan melakukan upaya koordinasi terkait batas jarak sempadan sungai yang ada di Wilayah Kali Pengkol Semarang. Pasalnya,sesuai dengan peraturan menteri pekerjaan umum dan perumahan rakyat nomor 28 tahun 2015 tentang garis sempadan sungai dan danau. Sungai bertanggul dengan kedalaman 3 m sampai 20 meter harus ada garis sempadan sungai 15 meter dari pemukiman, untuk itu masyarakat atau pihak pengembang yang membangun pemukiman di dekat sungai harus memperhatikan garis sempadan sungai.

Artikel ini bisa dilihat di : https://www.kompas.tv/article/367426/sebabkan-banjir-tanggul-jebol-diperbaiki
Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke