Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China Tangguhkan Visa Kunjungan Jepang dan Korea Selatan

11 Januari 2023, 15:19 WIB

Pemerintah China resmi mengeluarkan kebijakan terkait penangguhan penerbitan visa jangka pendek di Korea Selatan dan Jepang pada Selasa (10/1/2023).

Hal ini dilakukan lantaran China menganggap bahwa kedua negara tersebut melakukan tindak diskriminatif pada warga China terkait kebijakan yang mewajibkan warga negara China untuk melakukan tes covid-19 setibanya di kedua negara tersebut.

Qin Gang selaku Menteri Luar Negeri China kemudian merespons hal ini dengan menghubungi pemerintah Korea Selatan, Park Jin. Namun, Park Jin berargumen bahwa kebijakan tersebut dilakukan dalam rangka menjaga keamanan masyarakat Korea Selatan. Terlebih, kebijakan ini tidak hanya dilakukan oleh korea Selatan, tetapi juga negara lain, seperti Amerika Serikat, Australia, dan beberapa negara lain di Eropa.

Selaras dengan Korea Selatan, Jepang juga mengungkapkan bahwa negaranya telah menerima laporan terkait penghentian visa dengan alasan yang sama, meskipun belum ada pengumuman yang disampaikan secara resmi oleh Kedubes China di Tokyo.

China menganggap bahwa negara-negara yang memberlakukan aturan tes Covid-19 bagi warga negaranya saat melancong dianggap sebagai perbuatan yang sengaja mengisolasi negaranya.

Simak Video Selengkapnya

Video Jurnalis:

Penulis: Irawan Sapto Adhi

Penulis Naskah: Almira Khairunnisa

Narator: Almira Khairunnisa

Video Editor: Adeline Frederica Simatupang

Produser: Ira Gita Natalia Sembiring

Musik: Looping Ascent - Joel Cummins.mp3

#JernihkanHarapan

Video Terkait
Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke