Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sekutu Putin Sebut Perang di Ukraina adalah Perang Antara Rusia vs NATO
01:35
NATO Peringatkan
02:15
Video Selanjutnya dalam detik
NATO Peringatkan "Kemesraan" Iran, China, Korut, dan Rusia
Lanjutkan

Sekutu Putin Sebut Perang di Ukraina adalah Perang Antara Rusia vs NATO

11 Januari 2023, 13:56 WIB

Salah satu sekutu terdekat Presiden Rusia Vladimir Putin, Nikolai Patrushev, mengatakan Moskwa sekarang sedang memerangi aliansi militer NATO pimpinan Amerika Serikat (AS) di Ukraina. Patrushev adalah Sekretaris Dewan Keamanan Rusia yang selama ini dikenal oleh para diplomat sebagai salah satu pengaruh garis keras utama bagi Putin.

"Peristiwa di Ukraina bukanlah bentrokan antara Moskwa dan Kyiv. Ini adalah konfrontasi militer antara Rusia dan NATO, dan terutama Amerika Serikat dan Inggris," kata Patrushev kepada surat kabar Argumenti i Fakti dalam sebuah wawancara.

Dia juga menuding Barat sedang berusaha menghapus Rusia dari peta politik dunia. "Rencana Barat adalah untuk terus memisahkan Rusia, dan akhirnya menghapusnya dari peta politik dunia," kata Patrushev, sebagiaman dikutip dari Reuters. Amerika Serikat telah membantah klaim Rusia bahwa mereka ingin menghancurkan Rusia.

Presiden Joe Biden juga pernah memperingatkan bahwa konflik antara Rusia dan NATO dapat memicu Perang Dunia 3. Ditanya tentang pernyataan Patrushev, juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan NATO dan Amerika Serikat adalah bagian dari konflik Ukraina. "De facto mereka telah menjadi pihak tidak langsung dalam konflik ini, memompa Ukraina dengan senjata, teknologi, informasi intelijen, dan sebagainya," kata Peskov dalam jumpa pers reguler.

Simak selengkapnya dalam video berikut.

Penulis: Irawan Sapto Adhi

Penulis Naskah: Rizkia Shindy

Narator: Rizkia Shindy

Video Editor: Abdul Azis

Produser: Ira Gita Natalia Sembiring

Music: Hypnosis - Godmode

#Rusia #NATO #JernihkanHarapan

Video Terkait
Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke