Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Barongsai Warna Cerah dan Motif Api Menyala Terfavorit

11 Januari 2023, 11:56 WIB

SEMARANG, KOMPAS.TV - Tahun Baru Imlek selalu membawa berkah bagi para perajin barongsai, tak terkecuali perajin barongsai di Kota Semarang, Jawa Tengah. Setiap tahunnya, barongsai dengan warna cerah dan motif api menyala paling digemari.

Huang Wie Hong atau biasa disebut Koh Hong, seorang perajin barongsai "Elang Dari Timur" yang bertempat di Jalan Hiri 3, Karangtempel, Semarang Timur, Kota Semarang, Jawa Tengah. Koh Hong membuat kerajinan barongsai untuk pertunjukan maupun pertandingan. Baginya, membuat barongsai tidak bisa sembarangan dan dibutuhkan keahlian khusus untuk merangkai hingga melukis motif.

Motif yang menjadi ciri khas barongsai miliknya adalah motif api yang membara dan motif air yang beriak. Dengan kombinasi warna yang terang dan kontras, barongsai milik Koh Hong terlihat begitu hidup sehingga selalu ramai pesanan.

Bagi Koh Hong, pemilihan warna dan motif barongsai memiliki makna tersendiri. Melalui goresan tangannya, ia menyalurkan energi dan  semangat ke dalam setiap karakter barongsai yang dibuat. Pertunjukkan barongsai memang sebuah tarian yang penuh dengan gelora dan kemeriahan, sehingga motif dan warna barongsai juga dapat mempengaruhi psikologis para pemainnya.

Mendekati Perayaan Imlek Tahun 2023, pesanan yang diterima meningkat sebanyak 60%  dan hingga saat ini, ia sudah menyelesaikan 18 set barongsai. Pesanan tak hanya berasal dari Kota Semarang saja, namun juga sampai keluar pulau.

“Untuk motifnya kebanyakan api sama air, kemudian untuk warnanya itu sesuai naluri pembuatnya, kira-kira kombinasi warna apa yang bisa membakar semangat,“ kata Koh Hong

Untuk tetap mempertahankan kualitas kerajinan barongsai miliknya, Koh Hong memilih menggunakan bahan-bahan premium yakni rambut hewan asli seperti rambut domba dan rambut kelinci. Selain memberikan kesan  yang lebih lembut dan tebal dibanding rambut sintetis, rambut hewan asli juga membuat penampakan barongsai terlihat elegan. Pengerjaan satu set barongsai membutuhkan waktu hingga 2 minggu dengan harga jual mulai dari Rp 6 juta hingga Rp 7 juta tergantung tingkat kesulitannya.

#imlek #barongsai #semarang

Artikel ini bisa dilihat di : https://www.kompas.tv/article/366939/barongsai-warna-cerah-dan-motif-api-menyala-terfavorit
Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke