Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banda Aceh Dijuluki Kota Para Raja-Raja Ramai di Kunjungi Pada Liburan

10 Januari 2023, 15:59 WIB

BANDA ACEH, KOMPAS.TV - Banda Aceh dengan julukan kotanya Para Raja memiliki sejumlah objek wisata sejarah peninggalan kerajaan Aceh Darussalam, serta sejumlah objek wisata sejarah lainnya.

Salah satunya adalah kuburan Kherkof Pocut, tempat makamnya para serdadu Belanda yang tewas dalam Perang Aceh rentang tahun 1873 hingga 1904. Disini terdapat sekitar 2.200 makam tentara Belanda, diantaranya tokoh militer Belanda Johan Harmen Rudolf Kohler atau Jenderal Kohler, Johannes Ludovicius Jakobus Hubertus Pel dan Wilhelm Bernhard Johan Antoon Scheepens. Selain tentara Belanda, terdapat juga makam tentara Kenil dari Suku Jawa, Batak dan Ambon.

Selain makam Kherkof, ada beberapa objek wisata sejarah lainnya yang bisa dikunjungi. Data dari Balai Pelestarian Kebudayaan Aceh, ada 673 objek diduga cagar budaya, serta tujuh objek cagar budaya yang sudah ditetapkan secara nasional terdapat di Kota Banda Aceh.

Mengisi libur panjang, tak salah datang ke Banda Aceh, mengunjungi objek wisata sejarah.  Selain menambah wawasan serta pengetahuan, anda juga akan mendapatkan keindahan yang ada disetiap lokasi wisata sejarah di kota para raja-raja.

Artikel ini bisa dilihat di : https://www.kompas.tv/article/366626/banda-aceh-dijuluki-kota-para-raja-raja-ramai-di-kunjungi-pada-liburan
Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke