Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HOAKS BAHAYA EFEK LISTRIK MENGGUNAKAN EARPHONE BLUETOOTH DI STASIUN KRL

10 Januari 2023, 15:03 WIB

Beredar sebuah video dengan narasi himbauan  masyarakat, untuk tidak menggunakan earphone bluetooth ketika berada di stasiun kereta rel listrik atau KRL Video tersebut berisi seorang pria yang tiba-tiba ambruk saat sedang berdiri di dekat jalur KRL. Narasi video mengeklaim, bahwa arus listrik dari kabel tegangan tinggi di atas jalur KRL bisa menyengat orang melalui earphone, sehingga menyebabkan pria dalam video ambruk.

Namun setelah dicek kebenaran informasinya, narasi yang beredar dengan video yang diunggah adalah tidak benar atau hoaks.

Penelusuran menggunakan resverse image research menemukan  gambar serupa dalam sebuah artikel yang dipublikasikan India Today pada 8 Desember 2022 dengan judul yang diterjemahkan, "kabel bertegangan menimpa petugas kereta api di stasiun Kharagpur tertangkap kamera".

Dilansir dari India Today,  seorang petugas kereta api menderita luka bakar, setelah tersengat listrik oleh kabel listrik di stasiun kereta api Kharagpur di Benggala Barat. Petugas itu merupakan seorang pemeriksa tiket perjalanan, yang sedang berdiri di atas peron ketika kabel bertegangan tinggi putus di atas kepalanya.

Jadi, telah dipastikan video dengan narasi himbauan  larangan menggunakan earphone bluetooth ketika berada di stasiun kereta rel listrik atau KRL merupakan informasi tidak benar atau hoaks.

 

Artikel ini bisa dilihat di : https://www.kompas.tv/article/366613/hoaks-bahaya-efek-listrik-menggunakan-earphone-bluetooth-di-stasiun-krl
Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke