Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HOAKS TORNADO TERJADI DI CILEGON, BANTEN

10 Januari 2023, 13:49 WIB

Kondisi cuaca saat ini yang tidak bisa diprediksi, menimbulkan beragam informasi yang salah atau berita bohong yang disebarkan. Salah satunya adalah video dengan narasi tornado menghantam kota Cilegon, Banten pada Rabu 28 Desember Lalu.

Unggahan tersebut beredar di saat informasi mengenai badai yang melanda sejumlah wilayah di Indonesia, pada akhir Desember 2022 beredar.

Adapun video dibuka dengan pemandangan angin kencang menghempaskan atap rumah, dan terdengar suara teriakan dari perekam video. Video kemudian menampilkan sejumlah gambar, salah satunya foto sepeda motor tertimpa pohon ambruk.

Namun setelah di cek lebih lanjut, keterangan video yang beredar adalah tidak benar atau hoaks.

Dengan menggunakan reverse image search diketahui,   klip di bagian awal yang menampilkan angin kencang menghempaskan atap rumah, dan suara teriakan perekam video identik dengan video youtube berjudul, "Angin Puting Beliung Pemalang 31 Desember 2017” yang diunggah pada 2 Januari 2018. Kesamaan dapat dilihat pada bentuk bangunan, serta audio yang terdengar.

Video puting beliung di Pemalang, jawa tengah dimuat dalam pemberitaan tribunbatam dengan judul,  "Video Detik-Detik Puting Beliung Hantam Rumah Dan Ucapan Istighfar Warga Bikin Merinding", pada  2 Januari 2018.

Diketahui bencana angin puting beliung ini terjadi di Desa Bojongnangka dan Desa Tambakrejo Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah pada 31 Desember 2017  yang memporak-porandakan rumah warga.

Sementara foto sepeda motor tertimpa pohon ambruk ditemukan memang merupakan terjadi di Kota Cilegon dengan dalam judul artikel, "Pohon Tumbang Timpa Motor Imbas Hujan Disertai Angin Kencang Di Cilegon".

Jadi narasi yang menyatakan video tornado menghantam kota Cilegon adalah narasi tidak benar atau hoaks.

 

Artikel ini bisa dilihat di : https://www.kompas.tv/article/366583/hoaks-tornado-terjadi-di-cilegon-banten
Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke