Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unik,  Ayunan Kayu Kuno Nusa Sakti

10 Januari 2023, 11:56 WIB

JEMBRANA, KOMPAS TV - Di bawah pohon beringin inilah, aparat Banjar Nusa Sakti, Desa Nusa Sari, Kecamatan Melaya, setiap Hari Raya Galungan dan Kuningan mengadakan pasar rakyat.

Dari sekian banyak pedagang dan permainan modern yang ada di pasar rakyat ini,  ada satu permainan tradisional yang menjadi ikon pasar rakyat ini. Namanya ayunan kuno Nusa Sakti.

Sesuai namanya, ayunan kuno ini dibuat pada tahun 70'an. Ayunan ini terbuat dari kayu dan memiliki delapan tempat duduk lengkap dengan sabuk pengaman.

Ayunan ini mempunyai tinggi sekitar 10 meter dan tidak digerakkan dengan mesin, melainkan dengan tenaga manusia. Dengan harga tiket 5 ribu rupiah untuk 10 kali putaran bolak balik, anda sudah bisa menikmati sensasi menaiki ayunan kuno ini.

Sementara itu, Kadek Artawan, Kelian Adat Nusa Sakti, yang juga Ketua Panitia Pasar Rakyat Nusa Sakti ini mengaku, perhari ribuan warga yang kebanyakan anak-anak, tercatat menaiki ayunan ini.

Bagi anda yang penasaran ingin merasakan sensasi menaiki ayunan kuno ini, datang ke Banjar Nusa Sakti, Desa Nusa Sari, karena panitia hanya membuka ayunan kuno ini pada saat Galungan dan tanggal 13, 14, dan 15 Januari atau pada saat Penampahan Kuningan, Kuningan dan Manis Kuningan.

 

 

 

 

 

 


 

#ayunankuno   #nusasakti   #jembrana

Artikel ini bisa dilihat di : https://www.kompas.tv/article/366526/unik-ayunan-kayu-kuno-nusa-sakti
Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke