Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahfud MD Tegaskan Perppu Cipta Kerja Sah, Siap Adu Argumen

9 Januari 2023, 12:39 WIB

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD buka suara soal penerbitan Perppu Nomor 2 Tahun 2022 tentang Cipta Kerja.

Ia menekankan Perppu ini sudah sesuai prosedur. Selain itu ada pula alasan mendesak dikeluarkannya Perppu yang tak lain situasi global, di mana berbagai lembaga internasional meramalkan Indonesia akan mengalami persoalan ekonomi, dan dunia pada umumnya akan mengalami krisis ekonomi, resesi, krisis energi hingga geopolitik yang akan mengguncang.

Sementara itu terkait adanya penolakan dari buruh atas Perppu Cipta Kerja, Mahfud menilai hal itu biasa terjadi, dan merupakan suatu kemajuan dalam tata hukum Indonesia. Ia pun mempersilakan seluruh pihak yang kurang puas terhadap aturan ini bisa berdiskusi kepadanya.

"Kalau pertentangan buruh ada yang menentang ada yang tidak, ahli hukum tata negara ada yang setuju ada yang tidak, itu silakan saja, kita berdemokrasi. Yang penting kita adu argumen bukan masuk ke soal-soal pribadi yang tidak ada hubungannya. Adu argumen saja, mari," ujar Mahfud MD, Senin (9/1/2023).

"Makanya saya katakan seandainya saya dosen, yang bukan anggota kabinet, mungkin saya ikut mengkritik, karena saya tidak tahu. Tapi sesudah saya sudah tahu peta dunia yang dipresentasikan di berbagai sidang kabinet, untuk memilih apakah ini Perppu atau undang-undang, perdebatannya dalam, oh iya ini sah. Nah isinya disetujui nanti di DPR," imbuhnya.

Simak selengkapnya dalam video berikut.

Penulis Naskah: Rizkia Shindy

Narator: Rizkia Shindy

Video Editor: Adeline Frederica Simatupang

Produser: Ira Gita Natalia Sembiring

Music: Manifest It (Instrumental) - NEFFEX

#PerppuCiptaKerja #MahfudMD #JernihkanHarapan

Video Terkait
Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke