Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kecuali PDIP, 8 Fraksi DPR Tolak Pemilu Sistem Proporsional Tertutup

4 Januari 2023, 11:58 WIB

Simpang siur penggunaan sistem proporsional tertutup pada Pemilu 2024 mendapatkan penolakan dari beberapa partai politik peserta pemilu. Setidaknya terdapat delapan parpol yang tegas menolak pengggunaan sistem tersebut.

Kedelapan partai itu adalah Parta Golongan Karya (Golkar), Partai Nasional Demokrasi (NasDem), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Demokrat, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Amanat Nasional (PAN), serta Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Mereka juga telah menandatangani pernyataan sikap penolakan atas penggunaan sistem proporsional tertutup pada pemilu mendatang.

Penolakan yang disampaikan oleh delapan partai peserta pemilu ini menandakan bahwa hanya terdapat satu partai politik yang tampaknya menyetujui penggunaan sistem proporsional tertutup pada Pemilu 2024. Partai politik tersebut adalah PDI Perjuangan (PDIP).

Adapun sistem pemilu legislatif (pileg) di Indonesia menganut prinsip proporsional terbuka. Sistem ini digunakan untuk memilih anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI serta Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi dan Kabupaten/Kota. Melalui sistem proporsional terbuka, pemilih bisa langsung memilih calon anggota legislatif (caleg) yang diusung oleh partai politik peserta pemilu.

Dalam sistem proporsional tertutup, pemilih tidak langsung memilih calon anggota legislatif, melainkan partai politik peserta pemilu. Surat suara sistem pemilu proporsional tertutup hanya memuat logo partai politik tanpa rincian nama caleg. Sementara, calon anggota legislatif ditentukan partai. Oleh partai, nama-nama caleg disusun berdasarkan nomor urut.

Simak selengkapnya dalam video berikut.

Penulis: Adhyasta Dirgantara

Penulis Naskah: Rizkia Shindy

Narator: Rizkia Shindy

Video Editor: Abdul Azis

Produser: Ira Gita Natalia Sembiring

Music: Nine Lives - Unicorn Heads

#SistemPemiluProporsionalTerbuka #SistemPemiluProporsionalTertutup #jernihmemilih #JernihkanHarapan

Video Terkini
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke